Wajarkah Bila Tekanan Darah Manula di Atas Angka Normal?

Wajarkah Bila Tekanan Darah Manula di Atas Angka Normal? – Pembuluh darah adalah bagian organ tubuh manusia yang lentur, namun ketika seseorang telah berusia lanjut, maka pembuluh darah akan menjadi lebih keras dan kaku. Hal ini juga yang kemudian mengubah tekanan darah, dimana menjadi bagian dari proses penuaan. Namun, Wajarkan bila tekanan darah manula di atas angka normal?

Di usia lanjut, kelenturan pembuluh darah semakin berkurang dan tidak lagi dapat membantu aliran darah ke jantung setiap kali memompa darah keluar dari jantung. Karena itu, kemudian jantung harus memompa lebih kuat agar curah jantung tetap terpenuhi. Semakin kuat jantung memmpa darah, maka tekanan darah akan semakin bertambah. Oleh karenanya, adalah hal yang wajar bila tekanan darah pada manula berada di atas normal.

Jika ada kecenderungan tekanan darah meninggi dan ukurannya berada di atas nilai kisaran normal, tubuh akan dengan sendirinya mengatur untuk menurunkan tekanan darah. Namun, mekanisme ini akan menjadi kacau bila terlalu cepat diintervensi oleh obat.

Untuk mengatasi masalah tekanan yang tinggi ini memang harus selalu dimulai dengan terapi nonfarmakologis, seperti pengaturan makan mulai menghindari asupan garam berlebih, olahraga teratur untuk manula setidaknya 20 menit berjalan kaki ringan setiap pagi. Ketika terapi nonfarmakologis ini tidak berhasil, barulah menggunakan obat antihipertensi. (dr. Sintoso Pujianto dalam “Sehat itu enak dan perlu”. Penerbit: Penerbit Buku Kompas) (Medical Checkup)

Leave a reply