Tips Berhenti Merokok dengan Makanan Sehat

Tips Berhenti Merokok dengan Makanan Sehat – Untuk kamu yang sudah memiliki kebiatasn merokok, pastinya perlu mencoba makanan sehat berikut sebagai upaya untuk menghentikan kebiasaan kamu. Makanan sehat berikut ini yang telah terbukti sangat efektif untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Tips Berhenti Merokok dengan Makanan Sehat

1. Susu

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli Duke University, Meminum susu sebelum melakukan kebiasaan merokok dapat membuat rasa rokok menjadi aneh dan tidak menyenangkan ketika kamu hisap. Jika hasrat kamu untuk merokok kambuh, cobalah untuk meminum susu sebelum merokok atau mencelupkan rokok kamu pada susu dan biarkan mengering. Setelah itu, sudah dapat dipastikan akan merasakan rasa hal yang aneh pada rokokmu sehingga hasrat kamu untuk merokok jadi menurun.

2. Ginseng

Ginseng juga merupakan satu tanaman yang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok kamu . Senyawa aktif yang terkandung dalam ginseng, yaitu dopamine, akan mampu menghambat produksi senyawa neurotransmitter pada otak yang merupakan senyawa pemberi rasa senang dan nyaman saat merokok. meminum gingeng atau suplemen ginseng secara teratur dapat membuatmu tidak merasa senang saat merokok dan akhirnya kamu akan berhenti merokok dengan sendirinya.

3. Jahe

Jahe juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, khususnya perokok yaitu mengendalikan reaksi yang timbul saat berhenti merokok khusunya mengurangi rasa mual yang ditimbulkan dalam perut. Jahe sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi rasa mual atau nausea. Rimpang yang memiliki rasa pedas ini mengandung puluhan senyawa aktif yang dapat menenangkan pencernaan. Mengkonsumsi suplemen jahe atau teh jahe akan sangat membantu khusunya ketika kamu merasa mual atau pusing setelah berhenti merokok.

4. Teh 

Meminum dan menghirup aroma teh mampu membuat tubuh dan pikiranmu rileks sehingga secara tidak langsung kamu bisa melupakan candu nikotin dalam tubuhmu. Jenis teh yang diketahui ampuh mengurangi keinginan untuk merokok adalah teh chamomile, sementara teh hijau dan teh melati mampu mengurangi kecemasan, depresi, sakit kepala dan rasa tidak nyaman yang timbul saat seseorang berhenti merokok. Antioksidan dalam teh juga mampu menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh rokok dan mengendap dalam tubuh.

5. Jus Anggur

Selain dengan banyak mengkonsumsi air putih, meminum jus buah khususnya jus anggur juga bis mempercepat pengeluaran toksin atau racun dari dalam tubuh termasuk nikotin yang terkandung dalam rokok. Antioksidan yang terkandung dalam jus anggur seperti resveratrol juga mampu menangkal efek radikal bebas yang ditimbulkan oleh asap dan senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam rokok.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk atau buah lemon mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi. Aktifitas merokok dan nikotin yang masuk dalam tubuh seringkali membuat tubuh kehilangan dan kekurangan vitamin C, oleh karena itu konsumsi buah yang kaya vitamin C akan membantu dalam melengkapi vitamin yang hilang akibat merokok. Vitamin C sendiri dikenal sebagai satu faktor pemicu aktifitas sistem kekebalan tubuh yang berfungsi menangkal bibit penyakit serta radikal bebas.

7. Batang Sayuran

Beberapa jenis sayuran yang memiliki batang cukup keras seperti wortel, mentimun dan batang seledri dan mirip seperti batang rokok bisa digunakan untuk menipu otakmu terutama saat keinginan untuk menghisap rokok mulai muncul dengan cara menghisapnya seperti saat sedang menghisap rokok. Seperti halnya susu, mengkonsumsi sayuran tersebut sebelum merokok juga akan membuat rokok terasa tidak enak sehingga kamu tidak akan betah berlama-lama menghisapnya. (Medical Checkup)

Leave a reply