Sudah Tahu Manfaat Terapi Pijat?

Sudah Tahu Manfaat Terapi Pijat? Sebuah pijatan dapat melemaskan otot dan memberikan efek relaksasi, dan juga rasa nikmat. Selain itu, terapi pijat juga dapat berguna untuk meringankan beragam penyakit.

Sebuah pijatan sebenarnya bertujuan untuk merelaksasi otot-otot yang kaku atau nyeri. Dalam proses pemijatan, seorang terapis akan memberi tekanan kepada otot dan jaringan terkait agar memudahkan aliran darah dan oksigen mengalir menuju area-area yang dikonsentrasikan. Terkilir juga kerap ditangani oleh terapi otot.

Pengobatan konvensional sering kali tidak merekomendasikan pengobatan alternatif atau herba karena memang belum adanya penelitian yang membuktikan efektivitasnya. Berbeda halnya dengan terapi pijat. Walaupun termasuk pengobatan nonkonvensional, terapi pijat dinilai dapat memberikan efek positif dan sering kali diterima sebagai pengobatan pelengkap.

Sudah Tahu Manfaat Terapi Pijat?

Meningkatkan Kualitas Tidur

Terapi pijat tidak cuma untuk meringankan nyeri otot, tapi juga meningkatkan kualitas tidurmu

Manfaat terapi pijat yang satu ini akan didapatkan oleh semua orang, termasuk usia dewasa, anak-anak, dan bayi. Orang dewasa yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi dan merasa kesulitan tidur, dapat memanfaatkan terapi pijat untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

Anak-anak juga dapat merasakan manfaatnya, terutama mereka yang cenderung aktif dan susah diatur. Berikan terapi pijat ringan untuk menjadikan mereka lebih mudah tidur, tidak terlalu rewel, dan tidak stres.

Adapun manfaatnya untuk bayi adalah untuk memberikan efek relaksasi sehingga bayi menjadi lebih tenang dan tidak rewel. Tidak ada teknik khusus dalam hal ini, orang tua bisa membelai rambutnya, memijat tangan dan kakinya, atau memijat kepalanya agar bayi merasa nyaman

Meringankan Nyeri Otot

Apa yang kamu lakukan saat dengkulnya terpentok tembok? Secara alami, kamu akan menggosok-gosoknya, bukan? Dengan begitu, rasa sakit yang muncul bisa berkurang. Terapis berpengalaman akan memahami letak otot yang terasa nyeri, maka dari itu pijatan akan diberikan pada area terkait dengan maksud meringankan rasa sakitnya.

Memperbaiki postur tubuh akibat posisi duduk yang keliru
Terapi yang dijalani secara rutin dapat bermanfaat khusus untuk meredakan nyeri leher, pundak, dan punggung. Terutama pada kasus nyeri punggung, umumnya disebabkan oleh kesalahan posisi duduk yang dilakukan tiap hari.

Untuk kamu yang bekerja seharian dengan duduk di depan komputer harus mewaspadai keadaan ini. Pada jangka panjang, seseorang bisa mengalami gangguan postur tubuh yang kadang-kadang disertai pula dengan nyeri punggung.

Kamu dapat mengatasi gangguan ini berkat terapi. Asalkan kamu jalani secara rutin, seperti sekali seminggu, gangguan postur tubuh bisa teratasi.

Menenangkan dan Meringankan Depresi

Manfaat terapi pijat juga sangat berpengaruh bagi pasien rawat inap yang mengalami tekanan. Pasien mungkin merasa tertekan akibat efek pengobatan atau saat akan menjalani pembedahan besar. Biasanya terapis bisa membantu meringankan perasaan pasien dengan memberinya terapi. Dengan begitu, pasien merasa lebih nyaman dan tenang selama menunggu di ruang perawatan.

Meringankan Sakit Kepala

Jika kamu mengalami sakit kepala yang berlangsung lama dan tidak tertahankan, mungkin kamu harus mengonsultasikannya kepada dokter. Namun sebagai upaya pertolongan pertama, terapi ini adalah solusi yang efektif untuk meringankan sakit di kepalamu.

Meningkatkan Kinerja Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian membuktikan bahwa terapi pijat juga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih sebagai pertahanan utama tubuh dari serangan penyakit. Lebih jauh lagi, jumlah sel darah putih yang optimal mampu melindungi tubuh dari beragam penyakit infeksi. (Fisioterapi)

Leave a reply