Sering Cegukan Bisa Merupakan Tanda Gejala Stroke

Sering Cegukan Bisa Merupakan Tanda Gejala Stroke – Cegukan sudah pasti pernah dialami semua orang. Biasanya cegukan terjadi karena makan terlalu cepat, atau karena mengonsumsi minumam beralkohol atau bersoda. Selain itu, ternyata cegukan juga mmerupakan gejala gangguan saraf alias stroke loh!

Selain karena hal-hal di atas, cegukan ternyata juga dapat disebabkan oleh spastik diafragma yang terkait dengan kerusakan saraf vagus, yang bersifat sementara. Yang perlu kamu ketahui adalah pada dasarnya semua yang mengganggu saraf di sekitar leher, tenggorokan, dada, dan perut dapat menyebabkan cegukan.

Cegukan juga merupakan gejala akan terjadi stroke, khususnya pada perempuan. Yang perlu diperhatikan adalah cegukan ini seringkali menyebabkan atau diikuti dengan rasa nyeri di sekitar dada, kebas, dan pandangan sedikit kabur. Kalau cegukan ini semakin parah, biasanya kamu dapat menyadari tanda-tanda lainnya.

Gangguan pencernaan juga dapat menyebabkan cegukan. Kabar baiknya, jika gangguan asam lambung itu hilang, cegukan pun ikut hilang.

Cegukan ternyata juga bagian dari gejala gangguan fungsi ginjal. Ada banyak tanda yang menunjukkan ginjal kita bermasalah. Tapi jiga fungsi ginjal menurun secara perlahan, produk sisa yang dihasilkan organ akan menumpuk di tubuh. Hal ini membuat diafragma dan saraf vagus terganggu sehingga memicu cegukan.

Cegukan juga dianggap sebagai tanda hamil. Meski tidak ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini tapi ada sebagian perempuan yang mengetahui dirinya hamil karena sering cegukan. Perubahan hormonal atau perubahan level stres yang memicu kecemasan juga bisa menyebabkan cegukan

Yang perlu kamu perhatikan, jika cegukan itu diikuti dengan rasa haus berat, perubahaan warna kukit, atau otot berkedut. Segera periksakan ke dokter ya.

(Dokter saraf)

.

 

Leave a reply