Seputar Nyeri Punggung

Seputar Nyeri Punggung – Kebanyakan orang yang menganggap bahwa Nyeri di punggung hanya dapat dialami oleh orang paruh baya dan lanjut usia. Karena sebabnya sakit punggung sering kali dipkamung sebelah mata. Padahal kalau tidak ditangani dengan tepat, masalah nyeri punggung ini dapat menahun, yang pada akhirnya malah menyulitkan aktivitas kamu sehari-hari.

Banyak pendapat salah seputar nyeri punggung yang perlu diluruskan agar kamu dapat menghindarinya dan, bila terlanjur terjadi, kamu akan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Nyeri Punggung adalah Penyakit Orang  Sepuh

Mitos. Semua orang dari beragam kalangan, usia, dan jenis kelamin dapat mengalami nyeri punggung tanpa pkamung pulu, setidaknya sekali dalam seumur hidupnya. Ibu hamil pun bisa mengalami keluhan nyeri punggung yang sama.

Nyeri punggung biasanya terjadi karena adanya kerusakan jaringan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga ke tulang ekor.

Nyeri Punggung Disebabkan Hanya oleh Cedera

Mitos. Selain cedera, sakit punggung umumnya dapat disebabkan oleh postur tubuh yang kurang ideal saat duduk, berdiri, atau membungkuk. Stres berat, kebiasaan merokok, mengangkat barang berat, gaya hidup sedentari atau serba mager (malas gerak), hingga penyakit tertentu yang mendasarinya — seperti arthritis (nyeri sendi) dan kanker juga dapat menjadi penyebab terjadinya nyeri punggung.

Duduk Tegak Menjauhkan dari Risiko Nyeri Punggung

Mitos. Postur duduk yang membungkuk meningkatkan risiko sakit punggung karena persendian dan tulang belakang mendapatkan tekanan besar untuk menyangga sebagian besar berat badan kamu. Posisi duduk yang ideal adalah duduk tegak, namun terlalu lama duduk tegak juga dapat membebani tulang punggung kamu.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengistirahatkan badanmu (setelah duduk tegak dalam waktu lama) dengan berskamur di kursi dan biarkan punggung sedikit melengkung sebelum kamu dapat kembali beraktivitas dengan posisi duduk tegak. Sebaiknya kamu juga melakukan peregangan sederhana setelah duduk terlalu lama.

Angkat Beban Berat Bikin Nyeri Punggung

Mitos. Barang berat tidak berkaitan secara langsung dengan terjadinya nyeri punggung. Cara yang salah saat mengangkat dan membawanyalah yang dapat membuat kamu mengalami sakit punggung.

Untuk menghindari nyeri punggung setelah mengangkat barang berat, pastikan posisi tubuh kamu sudah benar dengan mengikuti panduan ini:

Buat posisi tubuh berhadapan langsung dengan barang yang ingin kamu angkat, buka kaki selebar pinggang.
Majukan satu kaki sedikit ke depan dari kaki yang lain, kemudian tekuk lutut kamu dan mulailah turunkan badan untuk berjongkok. Jangan langsung menundukkan badan untuk angkat barang.

Setelah tangan mantap memegang barang tersebut, perlahan mulai dorong tubuh atas kamu ke atas sambil menjaga punggung dan kepala tetap lurus selama mengangkat.

Rebahan di Tempat Tidur Dapat Menyembuhkan Nyeri Punggung

Mitos. Segera setelah pertama kali gejala nyeri punggung menghampiri sampai beberapa hari sesudahnya, kamu memang disarankan untuk menghindari aktivitas fisik yang memberatkan. Namun jangan kelamaan. Terlalu lama rebahan di tempat tidur ketika kamu punya sakit punggung justru dapat memperburuk rasa nyeri yang kamu alami.

Sebisa mungkin tetap aktif dan mengerjakan aktivitas kamu seperti biasanya untuk membantu mempercepat proses pemulihan nyeri.

Jangan Berolahraga Saat Nyeri Punggung

Mitos. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kecenderungan hidup serba mager justru dapat memperparah rasa sakit di punggung kamu. Olahraga rutin dapat mengatasi gejalanya. Pastinya jangan berolahraga terlalu berat ketika kamu masih sakit punggung.

Olahraga pun dapat membantu kamu terhindari dari risiko nyeri punggung di kemudian hari. Dengan berolahraga, otot-otot tubuh kamu akan terus dilatih dan diperkuat, sehingga mencegah jaringan lunak (misalnya otot, ligamen, dan tendon) menengang yang bisa menyebabkan sakit. Olahraga juga menguatkan struktur tulang belakang kamu agar bisa lebih baik dan efektif untuk menopang tubuh kamu selama beraktivitas. Beberapa olahraga untuk mencegah atau mengatasi nyeri punggung adalah renang, bersepeda, jalan kaki, yoga, dan pilates.

Leave a reply