Senam Kegel dan Manfaatnya

Senam Kegel dan Manfaatnya – Senam Kegel adalah senam yang bila kita lakukan secara rutin akan mengencangkan otot panggul bagian bawah kamu, khususnya wanita. Yang termasuk dalam otot panggul bagian bawah adalah otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Manfaat Senam Kegel untuk Wanita

a. Manfaat Senam Kegel, Saat hamil

Senam kegel penting dilakukan oleh para wanita terutama saat ia hamil dan setelah melahirkan. Jika dilakukan saat hamil, senam kegel dapat membantu memperlancar proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis bermanfaat membuka jalan lahir dan mencegah episiotomi.

b. Manfaat Senam Kegel Setelah melahirkan

Senam Kegel juga akan membuat otot-otot di sekitar panggul lebih mudah menjalankan fungsinya kembali setelah melahirkan lewat persalinan normal. Sudah terbayang besarnya kepala bayi yang lewat saat persalinan dilakukan kan?

c. Bermanfaat setiap saat

Selain manfaat di atas, senam Kegel juga bermanfaat untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri, khususnya di saat bercinta dan juga mampu mencegah kamu mengompol saat tertawa, bersin dan batuk yang disebabkan melemahnya otot karena usia.

 

Leave a reply