Olahraga yang Cocok Untuk Manula

Olahraga yang Cocok Untuk Manula – Olahraga tidak hanya dibutuhkan untuk orang muda saja, olahraga juga amat dibutuhkan oleh manula. Jadi sebenarnya para manula tidak hanya perlu menikmati hidup dengan bersantai saja dong? Memang benar, bahwa seiring bertambahnya usia seseorang, fungsi-fungsi organ tubuh pasti akan mengalami penurunan. Namun, proses penurunan fungsi organ tubuh tadi dapat dikendalikan. Penurunan dapat terjadi dengan cepat atau secara perlahan tergantung dari pola hidup seseorang dan asupan makanan yang dikonsumsinya.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa gaya hidup yang terlalu santai yang kebanyakan dilakukan oleh para manula justru meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung, hal ini disebabkan karena melemahnya fungsi otot-otot jantung akibat kurangnya aktifitas fisik. Oleh karena itu, mereka yang telah lanjut uspara manula harus tetap didorong serta diberi semangat untuk melakukan aktivitas fisik terutama berolahraga agar supaya hidupnya tetap berkualitas.

Olahraga yang dikhususkan untuk para manula berbeda kadar serta intesitasnya dengan olahraga yang dilakukan oleh para kaum muda, karena itu memilihkan olah raga yang cocok untuk mereka wajib dilakukan sehingga dapat menghindarkan mereka dari cedera.

Olahraga yang Cocok Untuk Manula

Berikut beberapa olahraga yang bisa direkomendasikan manula, di antaranya:

1. Senam

Berbagai jenis senam dapat dilakukan oleh para manula, namun jenis senam jantung sangat disarankan untuk mereka. Gerakan yang ada dalam sesi senam hendaknya disesuaikan dengan usia mereka, gerakan cepat dan dinamis sangat tidak disarankan.

2. Jalan Kaki

Ajaklah ayah – ibu, kakek dan nenek atau paman serta bibi kamu yang telah manula untuk berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat. Pastikan bahwa mereka masih mampu melakukannya, pilihlah rute yang tidak terlalu jauh dan jalanan yang datar, hindari jalanan menanjak. Kegiatan jalan kaki ini dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh, memperbaiki masa tulang, memperkuat jantung serta paru-paru mereka, jika dilakukan secara rutin.

3. Angkat Beban

Jangan dibayangkan mereka disuruh mengangkat barbel yang berkilo-kilo beratnya. Angkat beban yang ditujukan untuk para orang tua bisa jadi hanya seberat botol air mineral ukuran sedang. Olahraga ini berguna untuk tetap melatih kekuatan otot-otot tangan mereka.

4. Push-up

Ketika melakukan kegiatan ini hendakanya mereka tetap didampingi, jangan biarkan mereka melakukannya seorang diri. Kegiatan olahraga ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot bahu mereka

5. Berenang

Olahraga berenang sangat minim menyebabkan cedera akibat benturan fisik, oleh karena itu olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para orang lanjut usia. Olahraga berenang selain menguatkan otot-otot tubuh juga dapat melatih kekuatan otot jantung dan paru-paru mereka.

6. Latihan keseimbangan

Tak seorang pun dapat mencegah proses penuaan tubuh, tatkala tubuh mulai menua seringkali diikuti oleh penurunan fungsi motorik seseorang. Fungsi motorik berkaitan dengan gerak keseimbang seseorang. Ajaklah keluarga kamu yang telah lanjut usia untuk berlatih keseimbangan, salah satu caranya adalah dengan berdiri dengan menggunakan satu kaki secara bergantian. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin setiap pagi dan niscaya fungsi motorik mereka akan tetap terjaga.

7. Menjalankan Kursi Roda Sendiri

Untuk mereka yang harus terpaksa menggunakan kursi roda, jika memungkinkan ajaklah mereka ke taman yang memiliki jalanan mendatar dan mintalah mereka untuk mengerakkan sendiri kursi rodanya. Kegiatan ini harus tetap didampingi oleh anggota keluarga yang sehat, kegiatan ini bertujuan untuk melatih otot tangan, jantung serta paru-paru mereka serta dapat membakar kalori sehingga tubuh mereka terasa bugar.

8. Berkebun dan Beternak

Rata-rata para lanjut usia sangat mengemari kegiatan ini, dengan kegiatan berkebun dan berternak terbukti ampuh dapat mengurangi tingkat stres mereka dan melatih daya ingat serta konsetrasi mereka.

9. Yoga 

Sekali lagi jangan membayangkan kegiatan yoga dipenuhi dengan gerakan menekuk-nekuk tubuh. Latihan yoga untuk para lanjut usia hanya berupa olah pernapasan dan peregangan badan. Ketika seseorang melakukan kegiatan ini mereka dapat melatih diri agar selalu merasa tenang dan bahagia dalam menjalani kehidupan di usia tua.

Pada dasarnya semua kegiatan aktifitas yang dapat mengeluarkan keringat serta membakar kalori bisa dikategorikan sebagai olahraga, seperti: mencuci piring, mengepel lantai, mencuci mobil, dll.

Para manula sangat memerlukan dukungan dari sanak saudara mereka untuk tetap merasa bersemanggat dalam menjalani hari-hari mereka, jangan mengacuhkan mereka. Semua orang pasti nantinya akan menjadi tua, namun apakah kita akan tetap produktif atau tidak ketika tua nanti tergantung pada pilihan kita sewaktu muda.

Hindarilah hal-hal yang dapat mempercepat proses penuaan organ-organ tubuh kita seperti mengonsumsi rokok, alkohol, stres dan makanan tidak sehat. Dengan senantiasa menjaga pola hidup sehat serta olahraga yang baik selagi muda, yakinlah bahwa tubuh Anda akan tetap kuat hingga tua nanti.

Leave a reply