Menjaga Kesehatan Manula

Menjaga Kesehatan Manula – Manusia lanjut usia (manula) yang berusia di atas 60-an, harus tetap menjaga kebugaran. Caranya adalah dengan tetap melakukan kegiatan olahraga atau aktivitas fisik sesuai proporsinya.

Peneliti pada University College London menyebutkan, olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan oleh para manula dapat memperkecil dari kemungkinan terkena berbagai penyakit

Studi yang telah dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine ini menguji kesehatan dari 3.500 manula yang berusia di atas 60 tahun selama delapan tahun.

Para peneliti menemukan kaitan langsung antara masalah kesehatan utama seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes dengan olahraga. Seorang manula yang tetap menjaga kesehatannya di usia 60-an, tujuh kali lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit.

Aktivitas Fisik Manula

Mereka yang secara teratur melakukan aktivitas fisik sedang atau berat sekurangnya sekali dalam seminggu, lebih mungkin untuk tetap sehat daripada mereka yang tidak aktif. Dalam penelitian, partisipan yang aktif secara fisik selama periode delapan tahun pemantauan, tiga kali lebih mungkin untuk tetap sehat dibandingkan mereka yang tidak aktif.

Sedangkan, mereka yang melakukan aktivitas fisik seperti olah raga secara teratur selama delapan tahun penuh, tujuh kali lebih mungkin untuk tetap sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik yang terus dilakukan secara prospektif, terkait dengan peningkatan kesehatan di usia lanjut. Mereka yang melakukan itu bisa terbebas dari penyakit, bebas dari cacat, memiliki fungsi kognitif dan fisik yang tinggi, juga kesehatan mental yang baik. Manfaat kesehatan yang signifikan bahkan terlihat di antara peserta yang aktif secara fisik.

Hasil penelitian ini mendukung inisiatif kesehatan publik yang dirancang untuk melibatkan orang lanjut usia dalam aktivitas fisik,” tulis peneliti dalam jurnal seperti dikutip mirror.co.uk.

Aneka Aktivitas Fisik

Dr Mark Hamer dari University College London mengatakan kepada BBC , bahwa aktivitas fisik tidak hanya lari atau pergi ke gym. Berkebun dan berjalan kaki ke pasar, misalnya, juga diperhitungkan sebagai aktivitas fisik.

Departemen Kesehatan di Inggris pun merekomendasikan semua orang dewasa, termasuk usia di atas 65 tahun, melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit dalam seminggu.

“Ini layak masuk ke kebiasaan agar tetap aktif dan sehat. Seperti yang kita tahu itu bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan banyak risiko lain. Setiap 10 menit dihitung. Bahkan, berjalan cepat pada istirahat siang juga akan membantu,” kata Doireann Maddock dari British Heart Foundation. (Medical Checkup)

Leave a reply