KENAPA PERLU DILAKUKAN TES URINE

Tes urine tidak dapat mendiagnosisi suatu penyakit secara fisik, tapi menjadi bukti awal adanya gangguan kesehatan pada seseorang. Tes urine akan dikombinasikan dengan metode lain yang lebih spesifik agar kondisi real dapat ditemukan dengan akurat.

Normalnya, urine yang sehat identik dengan warna kuning muda. Warna urine akan berubah jika ternyata ada yang tidak beres dengan fungsi organ-organ tubuh Anda.

Beberapa tujuan urin alisis yaitu:

1. Memeriksa kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena sering menjadi bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin.
2. Membantu mendiagnosis kondisi medis tertentu seperti infeksi saluran kemih (ISK), penyakit ginjal polikistik, gagal ginjal, peradangan ginjal, dan lainnya. Keluhan gejala yang Anda alami, meliputi sakit perut abnormal, sakit punggung terus-menerus, sakit saat buang air kecil, ada darah dalam urine, ataupun masalah lainnya juga bisa dideteksi.
3. Memantau perkembangan penyakit sekaligus keberjalanan proses pengobatan, misalnya pada penyakit gagal ginjal, nefropati diabetik, infeksi saluran kemih, dan lainnya.
4. Menilai fungi ginjal sebelum operasi.
5. Memantau perkembangan kehamilan yang tidak normal, termasuk dehidrasi, preeklampsia, diabetes gestasional, dan lain sebagainya.
6. Tes urine juga dapat digunakan untuk mendeteksi penggunaan obat-obatan atau senyawa kimia tertentu pada seseorang. Di antaranya adalah: Amphetamine, Methamphetamine, Kokain, Ganja, Barbiturate, Benzodiazepine, Opium, Phencyclidine.

Ayo MCU di Medika Plaza! Cek Promonya disini!

Leave a reply