Hepatitis B

Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Infeksi ini dapat mengakibatkan kerusakan pada hati selanjutnya dan menyebabkan kanker hati. Orang – orang yang terinfeksi virus ini, tidak menyadari kalau mereka sudah terinfeksi.

Hepatitis B dapat menjadi akut atau kronis. Seseorang yang terinfeksi virus hepatitis B akan menghilangkan virus ini dengan sendirinya dalam waktu 6 bulan dan akan meningkatkan daya tahan tubuhnya sendiri untuk melawan virus ini pada orang dewasa. Setelah mereka sembuh, mereka tidak dapat terinfeksi oleh virus hepatitis B lagi dan tidak dapat menularkannya ke orang lain. Hal ini disebut hepatitis B akut.

Seseorang akan dikategorikan sebagai hepatitis B kronis apabila infeksi terus terjadi dan melebihi 6 bulan. Infeksi kronis terjadi pada 90% bayi-bayi yang terinfeksi virus hepatitis B dan akan menyebabkan kerusakan pada hati, gagal hati ( pada saat hati sudah tidak berfungsi ) dan kadang-kadang dapat menyebabkan kanker hati pada saat mereka dewasa.

Semakin muda usia seseorang pada saat mereka terinfeksi hepatitis B, semakin tinggi resikonya kerusakan hati, bahkan bisa berkembang menjadi kanker hati ketika mereka menginjak usia dewasa. Sebagian besar penderita hepatitis B kronis di Australia, terjadi pada seseorang yang lahir di luar negeri pada saat mereka bayi atau anak-anak.

Kebanyakan orang yang terinfeksi hepatitis B kronis hidup sehat dan tidak perlu minum obat-obatan untuk penyakit hepatitis B .

Untuk membantu hati Anda:
1. mengurangi minum minuman ber-alkohol atau tidak sama sekali
2. mengkonsumsi makanan yang sehat seimbang dan mengurangi lemak yang berlebihan
3. menjaga berat badan yang sehat
4. berhenti atau mengurangi merokok
5. olah raga yang teratur
6. mengatasi stress anda, mendapatkan dukungan dan beristirahat sebanyak mungkin
7. melakukan vaksinasi hepatitis A, untuk melindungi anda dari virus-virus hepatitis lainnya, yang dapat menyebabkan lebih parah dari penyakit hati. (sumber: http://www.mhahs.org.au)

Untuk mendiagnosis Hepatitis B dapat dilakukan melalui tes HBsAg, Jika hasil tes menunjukkan hasil yang positif, maka hal tersebut menandakan adanya virus hepatitis B di dalam tubuh. Jika HBsAg dinyatakan reaktif maka tubuh membutuhkan vaksin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Yuk MCU di Medika Plaza For More Information info@medikaplaza.com or by wa 08551972691

Share to:
Leave a reply