HEMS Training : Meningkatkan Kualitas Evakuasi Medis

FAM (Fondation De L’academie  De Medicine) serta Airbus Foundation) bekerja sama dengan UPN dan didukung oleh Pelita Air Service menyelenggarakan Helicopters Emergency Medical Services (HEMS) training pertama di Indonesia. Tim Evakuasi Medis Medika Plaza Indonesia berkesempatan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini.

Turut hadir dalam acara ini, Tim Airbus Foundation dan FAM serta perwakilan lembaga pemerintah, Kementerian Perhubungan, Korlantas, Basarnas dan tentunya tim medis yang berasal dari banyak instansi sebagai peserta training. Kegiatan ini juga menghadirkan professional trainers langsung dari French,Prancis, diantaranya Doctor Herve Roy (Emergency doctor), Doctor Pascal Zellner (Hospital Practitioner), Doctor Nicolas Peschanski (Emergency Physician), dan Mr. Ralph Setz (HEMS Marketing Director).

Helicopters Emergency Medical Services atau HEMS ini merupakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dalam menggunakan helicopter untuk penanganan kasus emergency dan evakuasi medis.

Guru besar Fakultas Kedokteran UPNVJ, Prof. M. Guritno Suryokusumo mengatakan bahwa pelatihan Hems ini sangat penting karena pelatihan ini adalah salah satu program tahunan Airbus Foundation yang dilakukan di negara-negara terpilih, dan Indonesia salah satunya.

Tim Evakuasi Medis Medika Plaza juga berkesempatan melakukan perbincangan dengan Ralph Setz selaku HEMS Marketing Director yang mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk membangun awareness (kesadaran) atau pemahaman bahwa HEMS sangatlah dibutuhkan untuk meminimalisir angka kematian pasien (dalam perjalanan).

Selain itu, Ralph juga sangat senang melihat antusias para peserta yang hadir selama tiga hari kegiatan ini berlangsung.

Leave a reply