Fatigue (Kelelahan)

Fatigue atau kelelahan sangat normal bisa terjadi kepada siapa saja. Bagi semua orang, fatigue memberikan sedikit ketidaknyamanan sehingga kebanyakan orang dalam mengatasi fatigue (kelelahan) itu bisa dengan tidur sejenak atau setidaknya menghentikan aktivitas yang sedang dia lakukan.

Kalo kita jalan atau lari dan merasa cape, kita tinggal berhenti, duduk dan istrirahat berapa menit lalu lanjut lagi, lah maka dari itu itu fatigue itu hal yang dianggap sepele bagi sebagian orang tapi konsekuensinya begitu besar.

Definisi fatigue itu apa ? Ternyata fatigue itu susah dijabarkan secara detail karena penyebab fatigue sangat beragam, kebosanan anda saja sebenarnya bisa disebut fatigue, apalagi hasil dari aktivitas yang berat. Tapi kita bikin segala sesuatu simple aja, samakan persepsi bahwa secara bahasa fatigue adalan rasa lelah.

Fatigue adalah suatu kondisi yang dapat diidentifikasi dengan adanya peningkatan ketidaknyamanan yang  berujung pada berkurangnya kapasitas dan efisiensi dalam bekerja “ Jadi mari kita garis bawahi berkurangnya kapasitas dan efisiensi dalam bekerja dari pernyataan tersebut kita bisa tarik 2 konsep dasar yaitu:

Konsep pertama :

Fatigue dapat berkembang dari beragam sumber.

Faktor pentingnya adalah bukan apa penyebab fatigue itu sendiri, melainkan efek negative apa yang akan dihasilkannya, karena seperti yang tadi kita ketahui bersama bahwa fatigue mengurangi kapasitas bekerja.

Buat mahasiswa nih pernah gak belajar seharian siang dan malam tapi pas hari H ujiannya ternyata blank dan banyak lupa. Nah berarti itu udah masuk kategori fatigue, meskipun ibaratnya belajar cuma duduk dan baca, bukan aktivitas berat, tetapi pikiran juga bisa jadi sumber fatigue.

Terus misalnya di gym anda bisa 10 kali angkat beban 20 kg tapi mungkin selanjutnya cuma bisa angkat 10 kg atau hanya 5 kg, dan semakin menurun.

Konsep kedua:

Fatigue menyebabkan berkurangnya kemampuan seseorang dalam melakukan tugas. Bagi seseorang dalam bekerja atau bertugas banyak sekali tugas yang akan dilakukan dalam satu waktu. Fatigue dapat menyebabkan konsentrasinya dalam ber-multitasking tersebut menjadi sangat terganggu.

Nah jadi ada pertanyaan baru nih, apa penyebab terbesar fatigue? jawabannya ternyata stress.

Nah sekarang saya akan kasih 5 hal yang harus dijauhi untuk mengurangi fatigue:

  • Jangan makan makanan berat sebelum tidur.
  • Jangan membawa pekerjaan anda di waktu tidur anda.
  • Jangan olahraga 2 – 3 jam sebelum tidur.
  • Jangan gunakan obat tidur untuk mempercepat tidur anda.
  • Jangan konsumsi alcohol atau caffeine 4 jam sebelum tidur.

Ok jadi kesimpulannya adalah istirahatlah yang cukup setiap hari. Buatlah kebiasaan tidur 8 jam sehari dan jangan begadang di malam hari. Kondisikan diri anda selalu dalam lingkungan yang sehat. Makan yang teratur dengan gizi yang seimbang maka anda pasti terhindar dari fatigue.

Dr. Adhi Pratama

Leave a reply