DIET KALORI

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah diet kalori. Tubuh kita membutuhkan kalori untuk dijadikan energi. Kebutuhan kelori setiap orang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin dan jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Diet kalori membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. dengan berkurangnya jumlah kalori, tubuh kita akan memecah lemak untuk dijadikan energi.

Diet kalori bisa dilakukan dengan mengubah pola makan seperti
1. Makan lebih banyak protein
Mengonsumsi lebih banyak asupan protein seperti ikan tuna, dada ayam, telur, kacang almond, gandum dll

2. Hindari soft drink dan jus kemasan
kedua jenis minuman ini biasanya sudah ditambahkan gula dalam jumlah yang besar. dan sangat berpotensi untuk menyebabkan obesitas.

3. Minum air putih yang banyak
Minum dua liter air putih setiap hari mampu membakar 96 kalori tambahan di dalam tubuh. jika diminum 30 menit sebelum makan, rasa lapar pun akan berkurang dan jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi jadi sedikit

4. Olahraga
Ketika kita melakukan diet kalori, otomatis asupan kalori dalam tubuh berkurang, dan tubuh akan mengimbanginya dengan membakar lebih sedikit kalori. Defisit kalori juga akan menyebabkan hilangnya massa otot serta mengurangi tingkat metabolisme secara signifikan. Agar hal tersebut tidak terjadi, disarankan untuk rajin berolahraga, seperti angkat beban, jalan kaki, berenang, jogging, push up, sit up, atau squat

5. Kurangi Asupan Karbohidrat

Selain mampu mengurangi berat badan, diet kalori dengan intensitas ringan juga memberi dampak yang baik bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko terkena diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Penasaran bagaimana diet yang tepat? Yuk konsultasikan dengan Medika Plaza! ikuti Nutrition Programme by RWC Medika Plaza (Rejuvenate and Wellness Center)

Leave a reply