Cara Melalukan Senam Kegel dan Waktu Melakukannya

Cara Melalukan Senam Kegel dan Waktu Melakukannya Senam kegel tidak memerlukan alat khusus, pakaian khusus dan ruang khusus. Senam Kegel dapat dilakukan dalam berbagai posisi sambil kamu melakukan aktivitas lainnya. Meski demikian, untuk permulaan ikuti langkah berikut ya. Untuk melakukan senam kegel silakan dilakukan berbaring.

  • Pertama ketahui bagian yang disebut otot panggul bawah. Caranya dengan mencoba menahan keluarnya urine seperti saat buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah.
  • Kosongkan kantung kemih. Ambil posisi berbaring. Berikutnya, kencangkan otot panggul bawah kamu, tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 4-5 kali. Kemudian tingkatkan durasi dari 5 sampai 10 detik.
    Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, serta tetaplah bernapas bebas.
  • Ulangi gerakan ini tiga kali sehari dengan pengulangan setidaknya sebanyak 3×10 kali. Perlu diingat hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena justru dapat melemahkan otot panggul serta berisiko terjadinya infeksi saluran kencing.

Kapan waktu terbaik melakukan senam kegel?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gerakan tubuh ini sebaiknya kamu lakukan setiap hari. Kamu dapat melakukannya ketika sedang duduk mengetik, dalam perjalanan, atau saat nonton TV.

Sekurangnya, lakukan 3 set latihan setiap hari dengan pengulangan hingga 10 kali pada setiap set.

Setelah otot panggul Anda makin kencang, cobalah untuk melakukan senam Kegel sambil berdiri atau berjalan. Semoga bermanfaat informasi di atas ya.

Leave a reply