Upaya untuk Tetap Sehat

Upaya untuk Tetap Sehat – Menjaga kesehatan sebenarnya tidak sulit. Yang kamu harus lakukan adalah menyisihkan sedikit waktu saja, dan pastinya dengan disiplin dan tekad yang kuat.

  1.  Tetap berolahraga. Bila kamu rutin melakukan aktivitas kardiovaskuler seperti jalan cepat, lari, bersepeda, berenang, tanpa disadari, dalam 2-3 minggu kamu akan memiliki paru-paru dan jantung yang lebih sehat. Bila masih sulit, lakukanlah yang paling mudah, hanya dengan berjalan kaki. Olahraga yang mudah, sehat sekaligus murah.
  2. Menjaga pola makan. Makan enak itu perlu, tapi tidak perlu berlebihan. Perbanyaklah asupan kaya serat seperti sayuran dan buah yang juga berguna untuk memperlancar pencernaan. Dengan mengkonsumi makanan berserat maka kamu akan memiliki sistem pencernaan yang bekerja baik dan lancar yang ujungnya akan menghemat energi tubuh, sehingga bisa dipergunakan untuk menjaga vitalitas tubuh secara keseluruhan. Sistem pencernaan juga akan bekerja baik bila makanan yang masuk mudah dicerna serta memiliki kandungan enzim, mineral, vitamin, zat substansial lain yang lengkap sehingga dapat langsung diserap oleh tubuh.
  3. Menjaga gaya hidup. Seperti istirahat yang cukup, tidur cukup kurang lebih selama 7-8 jam per hari. Menjaga asupan gula. Menghindari rokok dan minuman alkohol. Perbanyak mengkonsumsi air putih, dan mengurangi aktivitas duduk. Bila kita banyak duduk dalam aktivitas harian kita, idealnya tiap jam diselingi waktu 5 menit untuk berdiri dan bergerak untuk melancarkan aliran darah dan membuat otot rileks. Intinya tubuh harus terus bergerak
  4. Selalu berpikir positif. Bagaimana caranya? Dengan mengurangi stres yang membeban pikiran kamu, selalu optimis dalam melihat sesuatu karena sesuatu pasti ada jalan kelurnya, dan jangan lupa untuk selalu bersyukur.

Tubuh memiliki hak untuk dipelihara dengan baik, dan kita harus memenuhi hak tersebut dengan menjaga tubuh tetap sehat. Tentu saja, hal tersebut di atas adalah investasi untuk kesehatan kamu di masa tua. Kesehatan adalah investasi jangka panjang yang sangat berharga, tidak hanya bagi kita, tapi juga bagi orang-orang di sekeliling kita. Jaga terus dan tetap semangat.

Leave a reply