Bahaya Kesehatan Karena Sering Pakai High Heels

Bahaya Kesehatan Karena Sering Pakai High Heels – High heels sebutan untuk sepatu berhak tinggi, saat kini memang sulit dipisahkan dari gaya berpakaian kaum hawa. Meski sering kali menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan sakit pada bagian kaki, sepertinya high heels masih menjadi pilihan utama para perempuan agar terlihat lebih stylish dan profesional . Selain itu, karena penggunaan high heels dianggap dapat menghasilkan ilusi kaki yang lebih jenjang, banyak wanita yang memilih menggunakan sepatu jenis ini sebagai alas kaki sehari-hari. Tapi, tahukah kamu Bahaya Kesehatan Karena Sering Pakai High Heels ?

Bahaya Kesehatan Karena Sering Pakai High Heels

Banyak penelitian menyatakan bahwa penggunaan high heels dapat membahayakan tubuh, khususnya bagian kaki, lutut, panggul, bahkan tulang belakang. Berikut penjelasan lengkap efek samping dan bahaya penggunaan sepatu hak tinggi yang harus kamu ketahui:

Nyeri punggung bawah
Pertama, akibat sering pakai high heels adalah nyeri punggung bawah. Hal tersebut dikarenakan Penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan posisi pinggang, bahu, punggung, dan tulang belakang tidak normal. Akibatnya, akan muncul rasa nyeri di area tubuh tersebut, khususnya punggung bagian bawah. Jika dibiarkan secara terus menerus, bukan saja rasa nyeri yang dialami, namun postur tubuh kamu akan berubah.

Nyeri sendi dan osteoartritis
Tahukah kamu, bahwa ketika menggunakan high heels, postur tubuh akan dipaksa untuk terus menerus dalam keadaan lurus dan tegap? Hal ini menyebabkan tulang belakang tegang sehingga dapat menimbulkan gejala osteoartritis. Selain itu, sepatu hak tinggi juga akan meningkatkan tekanan lutut sebanyak 25% sehingga kamu akan lebih rentan terkena gangguan dan nyeri sendi.

Pengecilan otot
Tanpa kamu sadari, saat beraktivitas menggunakan high heels, tumit akan terus menerus tertekan dan dipaksa untuk berada dalam posisi terangkat dalam kurun waktu yang lama. Hasilnya, kaki akan terasa nyeri dan pegal karena otot dan tendon kaki mengecil. Mengerikan, bukan?

Menggunakan high heels memang sih bisa bikin penampilan kamu terlihat lebih menarik. Tapi, kalau terlalu sering, dampak buruknya pada tubuh yang akan kamu rasakan. Jadi, sikapi dengan bijak, ya!

 

(Fisioterapi)

Leave a reply