Ayo Lari Pagi!

Ayo Lari Pagi! – Olahraga mudah, murah, dan tidak memerlukan banyak perlengkapan adalah lari. Olah raga lari, dapat dilakukan siapa saja bisa saja baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Biasanya olahraga lari ini dilakukan pada pagi hari, namun banyak pula yang melakukannya pada sore bahkan malam hari.

Meski begitu, olah raga lari di pagi hari memiliki lebih banyak manfaat kalau dibandingkan jika dilakukan di sore atau malam hari. Di pagi hari, masih belum banyak kendaraan yang lalu lalang sehingga kamu akan mendapatkan udara pagi yang sejuk dan segar. Selain itu, masih ada manfaat lari pagi untuk kesehatan yang perlu juga kamu tahu. Yuk, simak berikut ini:

Ayo Lari Pagi!

1. Memanjangkan Umur
Manfaat yang pertama adalah lari pagi dapat memperpanjang umur. Kalau kamu lakukan secara rutin, lari pagi dapat membuat metabolisme tubuh meningkat. Di saat menghirup udara segar di pagi hari dan menghembuskannya perlahan, kamu seperti sedang membuang perasaan tertekan sehingga tubuh dan pikiran kamu menjadi lebih rileks.

2. Menjadikan Tulang Lebih Padat dan Kuat. Berdasarkan penelitian dari Universitas Missouri, ditemukan bahwa pelari pagi memiliki tulang yang lebih padat dan kuat dibanding seorang pesepeda. Kurangnya kepadatan tulang seorang pesepeda mencapai 63%, sedangkan seorang pelari kepadatan tulangnya hanya kurang 19%. Jadi, seorang pelari pagi memiliki sel tulang yang lebih padat dibanding orang yang bersepeda. Kalau kamu termasuk orang yang gemar bersepeda, sesekali coba untuk menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga lari untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Mencegah Pikun.Untuk wanita yang rutin lari pagi di saat usia remaja dapat mengurangi risiko kepikunan saat memasuki usia lanjut. Manfaat lari pagi mampu meningkatkan konsentrasi serta daya ingat dan fungsi otak lainnya. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengajak orang tua kamu untuk terus bergerak guna cegah pikun meski sudah berusia lanjut.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur. Untuk kamu yang sering mengalami penyakit insomnia atau memiliki kualitas tidur yang kurang baik, cobat atasi dengan lari pagi. Caranya? Dengan rutin lari pagi, kamu akan dapat lebih mudah tidur dengan nyenyak.

5. Terhindar dari Sakit. Lari pagi pastinya membuat kesehatan fisik tetap bugar dan terjaga. Karena saat lari, kamu sama halnya dengan melakukan latihan fisik, jadi tubuh kamu akan terbiasa melakukan kegiatan yang “melelahkan”. Udara pagi yang dihirup juga dapat menyehatkan paru-paru sehingga membuat tubuh jadi lebih segar.

Selain itu pelari pagi akan terhindar dari penyakit flu dibanding orang yang tidak suka melakukan lari pagi. Dikarenakan di pagi hari, kondisi udara masih segar sehingga hal ini yang membuat orang yang rajin lari pagi tidak mudah terserang penyakit.

Demikian manfaat lari pagi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan saran mengenai kondisi kesehatan kautak perlu ragu untuk langsung menghubungi dokter di Medika Plaza. Selamat berlari pagi ya.

Leave a reply