Apa sih Fisioterapi itu?

Apa sih Fisioterapi itu? Fisioterapi merupakan layanan perawatan yang dilakukan untuk membantu mengembalikan fungsi dan gerakan bagian tubuh seseorang akibat luka, sakit, atau hilangnya kemampuan tubuh.

Fisioterapi juga dapat dilakukan guna mengurangi risiko terluka atau sakit di kemudian hari. Perawatan ini dapat berupa gerakan, latihan, terapi manual, edukasi dan saran. Semua kalangan dari beragam umur dapat mengikuti terapi ini. Seorang fisioterapis akan dipandu oleh terapis yang membantu pasien untuk mengatasi rasa sakit.

Fisioterapi dilaksanakan berdasarkan ilmu pengetahuan dan pedekatan ‘keseluruhan’ terhadap kesehatan dan kesejahteraan, termasuk gaya hidup pasien secara umum. Selain itu juga, kamu bisa melakukan fisioterapi untuk mengelola kondisi medis jangka panjang seperti asma, bahkan dapat dilakukan untuk kamu yang sedang mempersiapkan persalinan.

Kapan fisioterapi diperlukan?

Fisioterapi dapat dilakukan untuk mencegah penyakit, karena fisioterapi dapat meningkatkan aktivitas fisik kamu. Fisioterapi juga dapat membantu masalah kesehatan yang menyerang, seperti

  • Tulang, sendi, dan jaringan halus, seperti sakit punggung, sakit leher, sakit pundak dan cedera.
  • Sistem saraf atau otak, seperti permasalahan pada gerakan yang mengakibatkan stroke, multiple sclerosis, atau Parkinson
  • Jantung dan sirkulasi, permasalahan yang perlu disembuhkan setelah terkena serangan jantung
    Paru-paru untuk penyakit paru obstruktif kronik (COPD) dan cystic fibrosis

Fisioterapi Dilakukan Oleh Siapa?

Seorang terapis fisioterapi haruslah yang telah berpengalaman dan terlatih. Seringkali fisioterapis ini dilakukan oleh seseorang yang menjadi bagian dari tim multi-disiplin beragam ilmu kesehatan seperti yang bekerja di:

  • Rumah sakit. Komunitas yang berasal dari pusat kesehatan dan klinik Bidang operasi atau ahli bedah
  • Bidang olahraga. Kamu bisa menemui fisioterapis di kliniknya, atau terapis mereka akan mengunjungi rumah kamu.

Apa yang Dilakukan Seorang Terapis Fisioterapi?

Terapis Fisioterapi harus dapat memfokuskan keseluruhan tubuh dibandingkan dari satu aspek sakit yang sedang dialami pasien pada saat itu saja. Intinya, ketika pasien akan menjalani pengobatan ini, Terapi fisioterapi juga melibatkan diri dalam perawatan yang meliputi hal-hal edukasi, kesadaran, memberdayakan dan mendorong partisipasi pasien selama perawatan. Berikut ini detail mengenai layanan fisioterapi:

1. Edukasi dan saran

Terapis fisioterapi akan memberikan saran secara keseluruhan tentang hal-hal yang dapat berpengaruh pada keseharian kamu, seperti melakukan olahraga rutin dan mengatur berat badan yang sehat sesuai tinggi dan bentuk tubuh. Saran-saran yang diberikan bertujuan untuk mengubah gaya hidup kamu. Selain itu, saran yang diberikan juga bisa berupa hal-hal spesifik yang dapat diaplikasikan setiap harinya untuk menjaga Anda dan mengurangi risiko nyeri dan cedera. seperti, saat kamu mengalami sakit punggung, kamu akan diberi tahu postur tubuh yang benar, membawa serta mengangkat benda dengan benar, menghindari gerakan memutar yang buruk, meregang berlebihan, atau berdiri terlalu lama.

2. Gerakan dan latihan

Gerakan telah disesuaikan dengan saran latihan dan aktivitas fisik. Selain itu, latihan direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan dan mobilitas kamu secara keseluruhan. Seorang Terapis Fisioterapi biasanya merekomendasikan gerakan dan latihan untuk membantu meningkatkan mobilitas dan fungsi, seperti:

  • Latihan yang dirancang untuk mengubah gerakan dan kekuatan pada bagian tubuh tertentu – hal ini sebaiknya dilakukan secara rutin dan berulang dengan waktu yang telah diatur.
  • Aktivitas yang melibatkan gerakan keseluruhan tubuh seperti berenang dan berjalan – aktivitas ini dapat membantu penyembuhan pascaoperasi atau cedera yang mempengaruhi mobilitas kamu.
  • Latihan di air hangat dan dangkal. Air dipercaya dapat membuat otot dan sendi relaks. Air juga dapat memberikan perlawanan untuk membantu menguatkan kamu secara bertahap.
  • Saran dan latihan membantu Anda meningkatkan akivitas fisik – saran akan diberikan untuk kepentingan dalam membuat kamu tetap aktif dengan cara aman.
  • Alat bantu mobilitas, seperti kruk atau tongkat, disediakan untuk membantu pergerakan kamu.

3. Terapi Manual

Terapi manual dilakukan untuk memperkuat bagian-bagian tertentu tubuh Anda. Pada latihan gerakan ini, fisioterapis akan menggunakan tangan untuk membantu meringankan nyeri serta kaku, dan mendorong kemampuan gerak tubuh Anda menjadi lebih baik. Terapi ini juga dapat membantu:

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mengeluarkan cairan lebih efisien dari beberapa bagian tubuh
  • Meningkatkan pergerakan pada bagian tubuh
  • Teknik yang digunakan dapat berupa pijat. Contoh manfaat yang didapat dari pijat adalah meningkatkan kualitas hidup beberapa orang yang mengalami kondisi serius jangka panjang dengan cara mengurangi level kecemasan dan kualitas tidur.

Kadang kala, ada beberapa teknik lain yang bisa digunakan, seperti akupuntur yang juga bisa diaplikasikan pada perawatan fisioterapi. Pun menggunakan ultrasound untuk mengobati cedera jaringan dalam, dengan cara menstimulasi aktivitas sirkulasi darah dan sel yang dapat mengurangi nyeri.

Nah, Medika Plaza juga menyediakan fasilitas fisioterapi dengan fisioterapis dan peralatan yang mumpuni. Tertarik atau ingin mendapat informasi detail tentang layannan fisioterapi di Medika Plaza? Silakan Hubungi Customer Service di 021 808 66 099.

 

 

 

Leave a reply