5 Jenis Latihan yang akan Kamu Jumpai di Tempat Fisioterapi

5 Jenis Latihan yang akan Kamu Jumpai di Tempat Fisioterapi – Menjalani fisioterapi termasuk bagian dari proses pemulihan seseorang yang mengalami gangguan musculoskeletal. Perawatan ini dibagi lagi jadi beberapa jenis yang nantinya akan dicocokkan dengan masalah kesehatan yang kamu hadapi. Berikut ini lima jenis latihan yang biasanya diterapkan bersama sesi pengobatan lain.

5 Jenis Latihan yang akan Kamu Jumpai di Tempat Fisioterapi

Range of motion

Dikenal juga sebagai ROM, latihan ini akan diaplikasikan kalau kamu menderita permasalahan sendi di bagian bahu, siku, atau lutut yang menyebabkan kekakuan, cedera, peradangan, hingga pembengkakan. Lantas dengan ROM, jaringan yang bermasalah dapat dilonggarkan dan mengembalikan fleksibilitas, sehingga kamu bisa kembali beraktivitas.

Strengthening exercises

Latihan ini biasanya diberikan kepada pasien sebelum dan setelah operasi. Otot-otot tubuhmu harus kuat sebelum menghadapi operasi karena nantinya diharuskan beristirahat dalam jangka waktu tertentu. Lalu selepas operasi, otot-otot tadi akan diperkuat lagi untuk menunjang pemulihan dan membantu kamu saat akan membawa beban berat.

Mobilisasi jaringan lunak

Selanjutnya, mobilisasi yang dilakukan terhadap jaringan lunak akan membantu otot kaku dan tegang kembali mengendur. Salah satu jenis latihan dalam fisioterapi ini dipraktikan melalui pijatan pada bagian yang bermasalah, peregangan statis untuk meringankan kekakuan, serta pemakaian plester terapi yang dapat melancarkan aliran darah.

General conditoning

General conditioning atau pengkondisian umum dilakukan untuk membantu tubuhmu terbiasa saat mempraktikan latihan-latihan tertentu. Terutama latihan yang berkalitan dengan kardiovaskular seperti jalan kaki, joging, dan berenang. Sesi ini dipilih fisioterapis untuk meningkatkan fleksibilitas pada sendi dan memperbaiki kualitas kesehatan secara menyeluruh.

Latihan keseimbangan

Salah satu dampak yang ditimbulkan cedera adalah mengurangi kemampuan alami tubuh saat menjaga keseimbangan. Maka dari itu, saat menjalani perawatan, kamu akan mendapatkan latihan ini supaya bisa mendapatkan stabilitas secara menyeluruh. Fisioterapis akan memanfaatkan bar paralel pada sesi awal, lalu akan dilepaskan begitu kamu menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Itulah informasi seputar lima jenis latihan yang akan kamu jumpai di tempat fisioterapi. Mudah-mudahan kamu akan lebih siap dan paham saat berkonsultasi dengan fisioterapis.

Leave a reply