3 Hal yang Dipersiapkan Sebelum Kamu Memulai Fisioterapi

3 Hal yang Dipersiapkan Sebelum Kamu Memulai Fisioterapi – Menjalani fisioterapi tak dinyana mendebarkan, khususnya kalau ini menjadi pengalaman pertamamu. Biasanya untuk menenangkan pasien, fisioterapis maupun perawat yang menangani akan memberikan hal-hal di bawah ini sebelum praktik dimulai:

3 Hal yang Dipersiapkan Sebelum Kamu Memulai Fisioterapi

  1. Edukasi seputar fisioterapi

Fisioterapis akan menyampaikan edukasi dan saran secara menyeluruh tentang hal-hal yang nantinya mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Misalnya porsi berolahraga yang mengharuskan kamu mengangkat beban dan mengaturnya sedemikian rupa agar tidak mengganggu anggota tubuh yang bermasalah. Saran juga biasanya berhubungan dengan hal-hal spesifik untuk mengurangi sensasi nyeri dan risiko cedera. Contohnya postur tubuh yang tepat agar punggung tidak cepat sakit, menghindari gerakan yang memutar, hingga durasi berdiri.

  1. Gerakan dan latihan fisioterapi

Gerakan yang akan kamu praktikan dalam sesi perawatan pastinya disesuaikan dengan kebutuhan, sedangkan latihan direkomendasikan untuk meningkatkan mobilitas sekaligus kesehatanmu. Fisioterapis biasanya akan merancang latihan yang akan mengubah gerakan hingga kekuatan pada bagian tubuh tertentu secara berakala. Kamu juga akan mengikuti aktivitas yang melibatkan seluruh anggota tubuh saat menjalani fisioterapi, contohnya jalan kaki dan berenang. Latihan di perairan dangkal pun mampu meningkatkan kegiatan fisik supaya kamu aktif tanpa terancam bahaya.

  1. Terapi secara manual

Terapi ini bertujuan menguatkan bagian-bagian tubuh yang membutuhkan perawatan. Fisioterapis yang menanganimu akan memakai tangan buat meredakan sensasi nyeri/kaku, mendorong kemampuan gerak tubuh, memperlancar sirkulasi darah, mengeluarkan cairan, dan menunjang peningkatan pergerakan. Teknik yang mereka terapkan pada umumnya berupa pijatan. Metode ini dipercaya memberikan benefit seperti meningkatkan mutu hidup seseorang yang menderita kondisi serius dalam waktu lama. Caranya adalah dengan mengelola kecemasan dan memperbaiki porsi tidur atau istirahat.

Selain pijat, ada juga teknik lain yang direkomendasikan fisioterapis. Salah duanya adalah akupunktur dan ultrasound

Leave a reply