Sering nyeri punggung? Wajib Baca!

Apakah sahabat Medika Plaza pernah mendengar istilah Spinal Cord Injury
Spinal Cord Injury (SCI) disebut juga dengan Cedera tulang belakang merupakan cedera sumsum tulang belakang yang mengakibatkan suatu perubahan, baik itu sementara atau permanen pada saraf sensorik, motorik normal, maupun fungsi otonom. Sumsum tulang belakang merupakan bundel saraf yang berjalan di tengah-tengah punggung kita. Dimana fungsinya adalah membawa sinyal bolak-balik antara organ tubuh dan otak kita. Oleh sebab itulah, seseorang yang mengalami cedera tulang belakang bisa mengganggu sinyal ini.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami cedera tulang belakang atau SCI. Cedera ini secara umum biasanya terjadi ketika daerah tulang belakang atau leher terkompresi atau bengkok. Misalnya saja seperti berikut ini : 
1. Kecelakaan kendaraan bermotor. Kecelakaan merupakan penyebab yang paling umum dari kondisi ini.
2. Lansia, khususnya yang berusia diatas 65 tahun, memiliki risiko mengalami cedera saraf tulang belakang akibat terjatuh. 
3. Olahraga atau cedera saat rekreasi. Beberapa kegiatan atletis seperti, menyelam di perairan dangkal, berkuda, ski, papan luncur, dan lain-lain berisiko menyebabkan cedera saraf tulang belakang ketika terjatuh.
4. Tindak kekerasan. Cedera dapat bermula dari luka tembak dan luka tusuk yang ikut memotong atau melukai saraf tulang belakang.
5. Penyakit. Kondisi ini dapat dipicu oleh cedera nontraumatis, seperti dari penyakit kanker, arthritis, peradangan, osteoporosis, kelainan tulang atau sendi, dan infeksi atau penurunan jumlah diskus tulang belakang.
6. Alkohol. Penggunaan alkohol secara berlebihan merupakan salah satu penyebab cedera saraf tulang belakang yang umum.
(Alodokter)

Apakah Sahabat MP memiliki teman, kenalan atrau saudara yang mengalami gangguan tersebut? 
Segera konsultasikan ke RWC Medika Plaza (Rejuvenate and Wellness Center) ditangani langsung oleh dr.Ali Shahab, SpBS dengan metode bedah saraf non Invasif.  Silahkan menghubungi admission kami di 021 808 66 099

Share to:
Leave a reply