Prosedur Medical Check Up

Prosedur Medical Check Up – Medical check up sebaiknya dilakukan sekali dalam setahun. Pemeriksaan kesehatan rutin ini berguna untuk mendeteksi adanya gangguan pada sistem tubuh sehingga resiko terserang penyakit dapat dicegah lebih dini.

Prosedur Pemeriksaan Kesehatan

Berikut beberapa pemeriksaan yang umum dilakukan ketika kamu menjalani rangkaian skrining medis:

  1. Pengukuran BMI (Body Mass Index) alias tinggi dan berat badan.
  2. Pengecekan fungsi jantung dan paru – paru dengan menggunakan EKG.
  3. Pengecekan kolesterol, tekanan darah, dan gula darah yang biasanya dilakukan dengan mengambil sampel darah dan urine.
  4. Pemeriksaan kesehatan lain seperti THT, mata, gigi, dan tulang.

Sebelum melakukan medical check up, sebaiknya kamu berpuasa atau menahan makan selama minimal 8 jam. Kamu diperbolehkan untuk minum, tetapi sebatas air putih. Dengan berpuasa, tes yang dilakukan untuk mengukur kadar gula darah serta kolesterol akan lebih akurat karena ketidakberadaan zat – zat makanan yang dapat mengganggu dalam darah.

Pemeriksaan kesehatan ini sendiri tidak hanya dapat dilakukan di rumah sakit, tetapi juga di laboratorium kesehatan yang saat ini banyak ditemukan di beberapa sudut kota. Harga yang ditawarkan juga beragam, tergantung dari jenis pemeriksaan yang diinginkan.

Pemeriksaan Kesehatan Khusus

Meskipun pemeriksaan kesehatan ini belum terlalu membudaya dalam masyarakat, tetapi ada beberapa jenis pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan, terutama apabila kamu termasuk dalam kelompok berisiko, yaitu:

Mammogram

Pemeriksaan mammogram bertujuan untuk mendeteksi secara dini resiko kanker payudara pada perempuan. Mamografi merupakan rangkaian pemeriksaan medis yang dapat dilakukan untuk melengkapi pemeriksaan payudara yang dilakukan sendiri (SADARI). Selain mamografi, pemeriksaan mammogram dapat juga dilakukan melalui USG dan biopsi.

Pap Smear

Pap smear merupakan salah satu usaha pencegahan infeksi HPV dan kanker serviks yang juga menyerang perempuan. Pemeriksaan ini hampir wajib hukumnya bagi perempuan usia produktif yang pernah atau telah melakukan hubungan intim.

Penis dan Prostat

Medical check up pada penis dan prostat bertujuan untuk mencegah dan mendeteksi adanya gangguan pada organ kelamin pria seperti varikokel, radang prostat, dan hernia. (Medical Checkup)

Share to:
Leave a reply