Persiapan Penting Sebelum Medical Check Up

Persiapan Penting Sebelum Medical Check Up – Setiap dari kita pasti perlu melakukan medical check up, apalagi saat merasa ada yang berbeda dengan tubuh kita. Medical check up ialah salah satu kegiatan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi tubuh.

Pentingnya melakukan medical check up ini diharapkan bisa mengantisipasi gangguan kesehatan yang bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit yang menyerang. Meski biasanya untuk melakukan medical check up harus dianjurkan oleh dokter, ternyata kamu bisa langsung saja melakukan pemeriksaan atas keinginan sendiri. Karena ada berbagai macam jenis medical check up yang bisa kita pilih sesuai dengan keadaan tubuh dan tujuan dari hasil pemeriksaan. Banyak dari kita yang masih bingung saat hendak melakukan medical check up, seperti persiapan apa saja yang harus kita lakukan agar tidak shock dan panik saat pemeriksaan berlangsung.

Persiapan Penting Sebelum Medical Check Up

Berikut ini langkah persiapan yang harus kamu ketahui:

Rasakan keluhan atau perubahan yang mungkin terjadi pada tubuh

Beberapa keluhan atau perubahan ini bisa berupa haid, perubahan bentuk tubuh, atau jika terdapat adanya benjolan atau kulit yang terjadi perubahan. Ketahui seluruhnya untuk disampaikan kepada dokter sebagai antisipasi.

Makan sebelum pemeriksaan

Banyak orang yang menganggap remeh poin yang satu ini, yaitu tidak makan saat hendak melakukan pemeriksaan dalam bentuk apapun. Sebaiknya, ada yang masuk dan dicerna oleh tubuh kamu agar nantinya jika terjadi gejala pusing dan mual sudah diketahui secara pasti bukan karena maag, melainkan karena medical check up. Penanganan dokter juga akan lebih tepat.

Sampaikan keluhan yang biasa kamu alami kepada dokter

Poin-poin tersebut biasanya seperti kesulitan tidur, kegelisahan, depresi, detak jantung yang terlalu cepat atau melemah, dan trauma. Karena jika tidak, bisa jadi keadaan ini menjadi lebih parah saat kamu melakukan pemeriksaan.

Mengetahui riwayat penyakit yang dialami

Sebagai contoh, kamu hendak melakukan medical check up untuk penyakit luar. Namun, ternyata kamu mengalami penyakit dalam yang sudah lama tidak kambuh. Hal ini harusnya kamu beritahu dokter agar penanganan dan dalam pemberian obat tidak adanya kesalahan.

Jelaskan obat yang pernah kamu konsumsi

Jika dokter menanyakan riwayat obat yang pernah kamu konsumsi, beritahu secara rinci. Kalaupun kamu tidak mengingat dengan pasti obat apa yang pernah kamu konsumsi, beritahu penyakit yang kamu alami saat mengkonsumsi obat tersebut.

Itulah beberapa persiapan jauh-jauh hari yang harus kamu ketahui sebelum melakukan medical check up. Jangan lupa untuk menghubungi layanan medical checkup medika plaza ya.

Share to:
Leave a reply