PEMERIKSAAN TORCH

Pemeriksaan TORCH adalah pemeriksaan screening berupa tes darah guna mendeteksi sekelompok infeksi pada tubuh. Sangat direkomendasikan untuk Wanita hamil atau berencana untuk memiliki anak dalam waktu dekat. TORCH merupakan singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex.

Rincian dari penyakit-penyakit yang tergolong ke dalam penyakit TORCH adalah sebagai berikut:

1. Toksoplasmosis.
Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii yang dapat menginfeksi sistem saraf pusat dan mata.

2. Other Infection.
Kategori ini muncul karena ditemukan beberapa organisme yang dapat menimbulkan komplikasi pada janin. Sifilis, Varicella-zoster (cacar air), campak, HIV, dan Zika merupakan infeksi yang dapat menimbulkan masalah pada janin.

3. Rubella.
Ini merupakan virus yang menyebabkan campak Jerman. Jika seorang ibu hamil menderita infeksi virus rubella, virus tersebut dapat menular ke janin dan menyebabkan kelainan jantung, tuli, gangguan penglihatan, infeksi paru, kelainan darah, dan keterlambatan pertumbuhan.

4. Cytomegalovirus (CMV).
Ini merupakan jenis virus yang umumnya menginfeksi orang dewasa, namun jarang menyebabkan gangguan kesehatan serius. Akan tetapi jika seorang ibu hamil menderita infeksi cytomegalovirus, virus tersebut dapat menular ke janin dan menyebabkan gangguan pada janin.

6. Herpes simplex virus (HSV).
Ini merupakan virus yang dapat menyebabkan herpes, baik oral maupun genital, pada orang dewasa. Bayi dapat tertular virus herpes dari ibunya selama proses persalinan, terutama jika ibunya menderita herpes genital. Infeksi virus herpes dapat merusak sistem saraf pusat pada bayi. ( sumber : Alodoter)

Sudahkan Sahabat melakukan MCU rutin tahun ini? yuk MCU di Medika Plaza!

Untuk informasi lebih lanjut sahabat medika plaza dapat email ke info@medikaplaza.com atau wa ke 08551972691

 

Leave a reply