Otak, Saraf, dan Ahli Saraf

Otak, Saraf, dan Ahli Saraf Ahli saraf tentu saja berhubungan dengan sistem saraf atau neurologi. Penyakit-penyakit saraf yang membutuhkan penanganan dan perawatan dari neurologis contohnya radang otak, epilepsi, alzheimer, Parkinson, serta vertigo.

Otak, Saraf, dan Ahli Saraf

Sistem Saraf

Tentu kamu tahu bahwa otak merupakan pusat komando dari segala aktifitas yang dilakukan oleh tubuh. Otaklah yang memberikan perintah untuk tubuh melakukan metabolisme maupun bergerak. Perintah – perintah dari otak dapat sampai hingga ke organ maupun alat indra atas kerja keras yang dilakukan oleh saraf sebagai media komunikasi.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kerja sistem saraf, yaitu:

  1. Gen
  2. Hormone
  3. Kelainan bawaan
  4. Kerusakan pada sumsum tulang belakang

Kelainan dan kerusakan pada sumsum tulang belakang dapat mengakibatkan transmisi perintah dari otak menuju organ dan alat indra terganggu. Karena, sumsum tulang belakang ini pada dasarnya merupakan jalur yang dilalui oleh sistem saraf dalam menyampaikan pesan – pesan yang diproduksi oleh otak ke seluruh tubuh.

Kesehatan Otak

Sebagai pusat kendali, otak memegang peranan yang sangat penting dalam sistem kerja seluruh anggota tubuh termasuk didalamnya saraf. Oleh sebab itu kesehatan fungsi otak tidak boleh diabaikan. Rekomendasi dari ahli saraf untuk memaksimalkan fungsi kerja otak antara lain:

Tidur

. Ketika kamu tidur, otak juga dapat beristirahat dan melakukan perbaikan sel – sel yang rusak. Tidur yang teratur dapat meningkatkan memori, membuat otak lebih kreatif dalam mencari solusi, dan memperbaiki mood. Hindarilah begadang dan usahakan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya.

Sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi sangatlah bagus untuk kesehatan. Sumber Vitamin D alami ini akan membuat otak menyadari perubahan waktu dan pergantian hari. Selain itu, otak akan terasa lebih segar dan lebih bersemangat. Usahakan untuk kamu dapat memperoleh paparan sinar matahari setidaknya selama 20 menit setiap hari antara pukul 06.00 – 10.00.

Olahraga teratur

Aktifitas fisik yang dilakukan selama berolahraga dapat memperbaiki hubungan antara saraf dan otak. Menurut para ahli saraf, berolahraga selama 30 menit sehari dapat meningkatkan daya ingat serta kemampuan berpikirmu.

Share to:
Leave a reply