Menjaga Kesehatan Melalui Fisioterapi

Menjaga Kesehatan Melalui Fisioterapi – Fisioterapi adalah perawatan dalam memulihkan atau memelihara gerak dan fungsi tubuh. Fisioterapi ini dilakukan pada orang-orang yang mengalami keterbatasan dalam gerak dan juga fungsi tubuh. Biasanya yang mengalami hal ini bisa jadi orang yang pernah tertimpa kecelakaan atau juga karena faktor usia. Tujuan utama dari dilaksanakannya fisioterapi adalah untuk mengembalikan fungsi dari gerak tubuh yang sebelumnya memiliki banyak keterbatasan. Tapi tidak hanya itu, fisioterapis dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang juga dapat mempengaruhi sistem tubuh tertentu. Misalnya saja sistem saraf atau sistem otot yang erat kaitannya dengan fungsi gerak.

Cara Memilih Fisioterapi yang Tepat

Ada berbagai jenis dari fisioterapi tergantung dengan indikasi apa yang cocok dengan kebutuhan kamu. Untuk kamu yang mengalami keterbatasan fungsi di pernapasan, maka hal cocok tentulah fisioterapi pernapasan yang dapat membantu mencegah penyakit seperti asma. Secara umum, pemilihan fisioterapi ini berdasarkan anamnesis yang dilakukan para ahli. Tapi, sebelum itu, kamu bisa merasakannya sendiri, apa yang kira-kira terasa janggal pada fungsi tubuhmu. Kamu juga bisa memilih jenis fisioterapi yang ditawarkan melalui riwayat penyakit yang pernah atau sedang kamu derita. Misalnya saja, kamu sedang menderita penyakit radang pada sendi atau nyeri punggung kronis, maka jenis fisioterapi yang cocok bagi kamu adalah fisioterapi pada otot dan rangka. Untuk lebih akuratnya, kamu harus bertemu dengan ahli ya.

Makanan dan Minuman yang Dihindari Saat Fisioterapi

Makanan dan minuman yang dilarang saat fisioterapi cukup beragam. Hal ini disesuaikan dengan jenis fisioterapi apa yang sedang kamu lakukan. Misalnya saja, kamu sedang melakukan fisioterapi tulang sendi karena kamu sedang sakit rematik akut yang membuatmu susah bergerak. Nah, makanan yang harus kamu hindari tentunya adalah makanan yang dapat memicu rematik. Terutama untuk kacang-kacangan sebaiknya harus dihindari. Oleh karena itu, makanan dan minuman yang dihindari ini sebenarnya sesuai dengan jenis penyakitmu, ketika kamu sakit paru-paru maka tentunya kamu harus kurangi konsumsi rokok atau menghirup rokok. Ketika kamu sakit jantung maka hindarilah makanan yang banyak mengandung lemak jahat.

Hubungi Layanan Fisioterapi Medika Plaza ya.

Leave a reply