MENJAGA KESEHATAN DI MUSIM HUJAN

Banyak penyakit rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti diantaranya flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin dan masih banyak lainnya. Apabila penyakit-penyekit tersebut menjangkit Sahabat Medika Plazatentunya akan menjadi tidak fit dan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Lantas bagaimana cara untuk menjaga kesehatan saat musim hujan?

1. Konsumsi Vitamin
Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan lebih tentan terserang penyakit.. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun.

2. Pastikan hidup bersih dan Higienis
Saat musim penghujan kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa karena kelembapan yang begitu tinggi. Untuk itulah, mengapa tubuh akan lebih rentan terhadap gangguan tubuh. Selain itu, tangan adalah media paling umum masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh, secara tidak sadar anda akan lebih banyak memasukan kuman dan bakteri kedalam tubuh melalu tangan seperti makan menggunakan tangan, menyentuh organ tubuh lain mngguankaan tangan dan lain sebagainya.

3. Bersihkan lingkungan tempat tinggal
Hujan yang terus menerus mengguyur saat musim penghujan membaut klingkungan menjadi lebih kotor daripada saat musim kemarau. Hal ini dipicu karena tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi yang membaut sampai atau limbah menjadi lebih mudah membusuk yang pada akhirnya menjadi sumber kuman. Untuk itu, bersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang biak.

4. Banyak minum air putih
pasokan air yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari.

5. Makan makanan bergizi seimbang
Makanan yang sehat dan seimbang akan membantu tubuh tetap fit selama musim penghujan.

6. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastika jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari. Tidur yang cukup bukan berarti tidur dalam waktu yang lama, tapi tidur dengan kualitas yang baik.

7. Olah Raga
Olah raga merupakan cara sederhana dan mudah tapi besar manfaatnya. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih. Dalam buku Guyton dan Hall, sel darah putih berfungsi menyediakan pertahan yagn cepat dan kuat terhadap daerah tubuh yang mengalami peradangan. walaupun musim penghujan, olahraga masih dapat dilakukan di dalam ruangan.

8. Kelola Stres
Saat musim hujan, seseorang mudah stres. Misalnya karena terlambat bekerja gara-gara hujan turun.
Ketika seseorang stres akan berdampak secara fisiologis. Seperti gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih. Oleh karena itu penting sekali mengelola stres.

Jika Sahabat Medika Plaza telah diserang penyakit, segera konsultasikan kesehatan Sahabat Medika ke dokter 🙂

FYI Klinik Medika Plaza WTC 2 Sudirman buka sampai jam 8 Malam loh 🙂

Leave a reply