Mengapa Kamu Perlu Melakukan Fisioterapi?

Mengapa Kamu Perlu Melakukan Fisioterapi? – Dalam melakukan banyak kegiatan dan aktivitas, ada beberapa dari kita yang mungkin mengalami cedera atau keseleo tanpa penyebab pasti. Hal ini bisa diakibatkan oleh badan yang terlalu sering kelelahan dan tidak diimbangi dengan olahraga. Salah satu cara untuk mengatasinya bisa dengan cara melakukan fisioterapi. Ada baiknya, sebelum mencapai tingkat terlalu parah ada baiknya kamu ini melakukan fisioterapi tingkat awal.

Sebelumnya, fisioterapi adalah salah satu jenis pengobatan yang berguna untuk memperbaiki kemampuan gerak dan tubuh yang mengalami cedera, cacat, atau penyakit tertentu. Tidak hanya mengobati beberapa gangguan tersebut, ternyata fisioterapi juga bisa berfungsi sebagai langkah pencegahan dan antisipasi dari terjadinya cacat dan cedera. Itulah mengapa kamu perlu melakukan fisioterapi beberapa waktu sekali. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan mengenai fakta fisioterapi yang mungkin belum kamu ketahui:

Kondisi yang seperti apa membutuhkan fisioterapi?

Selain yang sudah disebutkan di atas, beberapa keadaan lainnya seperti gangguan sistem gerak atau pernapasan bisa diatasi dengan melakukan fisioterapi. Untuk lebih spesifik, pihak kedokteran mengklasifikasikan jenis penyakit atau keadaan yang memang membutuhkan fisioterapi, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Sistem gerak
  2. Sistem jantung
  3. Sistem pembuluh darah
  4. Sistem pernapasan
  5. Membantu para lansia menjaga kebugaran tubuh
  6. Dapat mengembalikan keadaan tubuh pasien yang sebelumnya mengalami koma
  7. Untuk meningkatkan fungsi organ tubuh pasien yang mengalami kanker

Jenis-jenis fisioterapi yang biasa dilakukan

Setelah menerapkan beberapa hal penting yang harus dijalankan oleh pasien penderita, agar hasil dari fisioterapi ini terlihat ada beberapa jenis fisioterapi yang mungkin dilakukan kepada pasien. Antara lain:

Melakukan program latihan

Setelah melakukan fisioterapi, bukan berarti kamu sudah terjamin atas kesembuhan dari penyakit yang diderita. Namun, kamu diharuskan untuk melakukan beberapa macam program latihan seperti teknik latihan untuk postur tubuh, memperkuat otot, latihan kardiovaskular, dan peregangan.

Menerapkan teknik elektroterapi

Jenis latihan untuk teknik ini biasanya seperti terapi laser, terapi diatermi, ultrasound, dan terapi syaraf.

Metode lainnya

Selain beberapa teknik di atas, biasanya nanti kamu akan disarankan untuk melakukan latihan fisioterapi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengetahui beberapa fakta mengenai fisioterapi di atas, diharapkan dapat membantu kamu terhindar dari berbagai ancaman penyakit dan sembuh dari penyakit yang diderita sebelumnya.

Share to:
Leave a reply