Makanan Untuk Mengurangi Kolesterol Kamu

Makanan Untuk Mengurangi Kolesterol Kamu – Makanan memeang merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol kamu. Kondis Hiperkolesterolemia adalah kondisi di saat kadar kolesterol tinggi dalam darah kamu. Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan serangan jantung. Dengan mengubah pola makan adalah bagian penting dalam upaya menurunkan kolesterol dalam darah kamu.

Lalu makanan yang bagaimana yang dapat mengurangi Kadar kolesterol kamu?

Kadar kolesterol dapat dengan mudah meningkat bila kamu menkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Kadar low density lipoprotein (LDL / kolesterol jahat) juga dapat dengan mudah meningkat saat konsumsi kedua makanan tersebut. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh seperti Mentega, Margarine, Bebek, Daging berlemak dan produk daging olahan seperti sosis, Keju, susu, krim, dan yogurt yang mengandung tinggi lemak, Santan dan minyak sawit dan Kuning telur

Adapun Sayuran dan buah tidak mengandung kolesterol dan umumnya memiliki kandungan rendah lemak jenuh sehingga kesemua makanan tersebut harus masuk dalam daftar makanan yang harus kamu konsumsi untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, jenis makanan yang diperlukan adalah yang mengandung tinggi serat dan lemak baik (high density lipoprotein / HDL).

Asupan minimal yang dibutuhkan tubuh terhadap serat adalah 25 gram untuk dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Serat dapat membantu mengurangi kadar LDL dengan cepat mengeluarkan kolesterol dari saluran pencernaan. Makanan yang merupakan sumber serat adalah kacang polong, biji-bijian, buah-buahan, sayuran.

Selain sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat, makanan berikut juga baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah kamu

Oatmeal
Oatmeal mengandung serat yang mudah larut sehingga dapat mengurangi kadar LDL. Serat jenis ini dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Konsumsi oatmeal sebanyak satu setengah cangkir dapat memberikan asupan serat sebesar 6 gram. Tambahkan buah seperti pisang untuk mendapatkan serat tambahan sebesar 4 gram.

Ikan dan omega 3
Konsumsi ikan yang mengandung omega-3 dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah. Omega-3 tidak dapat memperbaiki profil LDL namun dapat direkomendasikan konsumsi minimal dua porsi ikan dalam seminggu. Kadar omega-3 tertinggi ditemukan pada ikan tuna dan salmon. Omega-3 juga dapat dikonsumsi melalui suplemen namun perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk dosis yang dapat dikonsumsi.

Alpukat
Alpukat merupakan sumber nutrisi yang memiliki kandungan monounsaturated fat. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi alpukat setiap hari dapat membantu memperbaiki kadar LDL pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

So, silakan dicoba semua makanan yang baik untuk mengurangi kolesterol dalam darah kamu ya. Kalau masih ragu, silakan menghubungi dokter ahli gizi Medika Plaza ya.

Share to:
Leave a reply