Ketahui Jenis Fisioterapi untuk Anak Berikut Ini

Ketahui Jenis Fisioterapi untuk Anak Berikut Ini – Fisioterapi atau terapi fisik memang diketahui sebagai salah satu prosedur kesehatan yang cocok untuk dilakukan pada pasien dengan berbagai rentang usia termasuk anak-anak. Untuk para orangtua dan calon orangtua, rasanya perlu untuk mengetahui jenis fisioterapi untuk anak jikalau terjadi hal-hal yang tid ak diinginkan dan ternyata anak membutuhkan terapi ini. Lalu, apa jenis fisioterapi yang dapat diterapkan untuk anak-anak?

Pasien Anak Seperti Apa Yang Membutuhkan Fisioterapi?

Meskipun dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, seorang fisioterapis akan melakukan terapi ini pada pasien yang memang memiliki indikasi fisioterapi. Meskipun pasien dapat langsung dibawa ke klinik-klinik fisioterapi, biasanya tetap dibutuhkan surat rujukan dari dokter jikalau memang pasien tersebut membutuhkan fisioterapi.

Dalam hal ini, akan ditinjau terlebih dahulu riwayat kelahiran anak dan juga klinisnya. Misalnya, untuk kasus anak yang terlambat perkembangannya. Disini akan dilihat apakah masalah tersebut dikarenakan anak tersebut malas atau memang ada riwayat kelahiran yang sulit seperti bayi kuning dan indikasi medis lainnya. Riwayat tersebut akan membedakan jenis fisioterapi untuk anak yang akan diterapkan.

Jenis atau Ragam Fisioterapi untuk Anak

Ada banyak jenis atau ragam fisioterapi untuk anak. Biasanya untuk anak, dibagi menjadi beberapa ragam yang berdasar pada indikasi kondisi kesehatannya. Ada fisioterapi yang diperuntukan untuk bayi lahir dengan risiko tinggi, ada juga untuk anak dengan cerebral palsy, gangguan pernapasan, cedera, anak dengan retardasi mental dan lain sebagainya. Disini, kita akan membahas beberapa diantaranya saja.

• Fisioterapi untuk bayi risiko tinggi

Untuk fisioterapi jenis ini biasanya bertujuan untuk memperbaiki pola yang tidak benar, meningkatkan tonus otot dan kualitas gerakan. Biasanya akan diberi pendidikan juga pada orang tua dalam hal perawatan bayi tersebut.

• Fisioterapi untuk anak dengan cerebral palsy

Sedangkan untuk seorang anak yang memiliki gangguan CP ini biasanya akan dilakukan latihan motorik kasar disamping terapi motorik halus. Terapi ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecacatan baik itu kognitif, mental maupun fisik.

Itulah beberapa jenis fisioterapi untuk anak. Selain itu masih ada berbagai jenis fisioterapi lain yang bisa Anda pelajari lebih lanjut. Anda bisa menghubungi Medika Plaza untuk mendapatkan informasi seputar fisioterapi ya.

Leave a reply