Ketahui Hal Ini Sebelum Menjalani Prosedur Fisioterapi

Ketahui Hal Ini Sebelum Menjalani Prosedur Fisioterapi – Fisioterapi merupakan perawatan yang dilakukan dalam rangka membantu mengembalikan gerakan dan fungsi tubuh akibat sakit, luka, hilangnya kemampuan tubuh atau cedera. Menjalani prosedur fisioterapi artinya seorang pasien akan melakukan perawatan berupa latihan, gerakan, terapi manual dan saran. Lalu, apa yang perlu kita ketahui tentang prosedur ini sebelum menjalaninya?

Kapan Fisioterapi Perlu Dilakukan?

Fisioterapi dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit karena terapi fisik ini dapat membantu meningkatkan aktivitas fisik kita. Tepatnya, kapan kita perlu melakukan fisioterapi adalah saat terjadi masalah kesehatan seperti berikut ini:

• Masalah pada sendi, tulang dan jaringan halus seperti sakit leher, sakit pundak, sakit punggung dan cedera
• Masalah sistem saraf atau otak seperti stroke, Parkinson dan multiple sclerosis
• Masalah paru-paru seperti cystic fibrosis dan penyakit paru obstruktif kronik
• Masalah jantung dan sirkulasi seperti gangguan yang perlu disembuhkan pasca terkena serangan jantung.

Siapa yang Dapat Memandu Fisioterapi?

Lalu, siapa yang bisa membantu prosedur fisioterapi tersebut? Tentunya adalah seorang fisioterapis yang sudah terlatih dan berpengalaman. Biasanya fisioterapis ini merupakan bagian dari sebuah tim multi-disiplin dari berbagai bidang kesehatan seperti mereka yang bekerja di rumah sakit, komunitas pusat kesehatan dan klinik, ahli bedah dan bidang olahraga.

Apa Saja yang Dilakukan Seorang Ahli Fisioterapi?

Dalam memberikan terapi ini, seorang fisioterapis seharusnya fokus tidak pada satu aspke sakit saja tetapi lebih ke keseluruhan tubuh. Selain memberikan terapi secara manual, seorang ahli fisioterapi juga akan memberikan edukasi atau saran serta merekomendasikan gerakan dan latihan tertentu untuk mempercepat penyembuhan.

Sedangkan untuk terapi manualnya sendiri, fisioterapis biasanya akan menggunakan tangan untuk meringankan nyeri dan kaku pada bagian tubuh Anda. Biasanya prosedur ini dilakuakn untuk meningkatkan sirkulasi darah dan pergerakan bagian tubuh pasien juga. Teknik yang dipakai bisa berupa pijat, akupuntur dan ultrasound.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalani prosedur fisioterapi. Segera konsultasikan diri Anda ke Medika Plaza,  jika merasa membutuhkan seorang fisioterapis.

Leave a reply