KENAPA KAMU SERING TERKENA FLU?

Biasanya orang sering terkena flu pada saat terjadi perubahan cuaca. Namun bagi sebagian orang lagi dapat dengan mudah terkena flu bahkan dengan intensitas cukup sering, apalagi jika flu terjadi di bulan puasa. tentunya akan sangat mengganggu ya sahabat Medika Plaza.

Berikut 5 hal yang dapat menyebabkan tubuh mudah diserang Flu.

1. Makanan yang dimakan tidak sehat
Jika kamu masih suka makan makanan yang tidak higienis, jajan di luar sembarangan hal itu memungkinkan kamu untuk sering terkena flu. Pola makan yang buruk juga meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Hal lain yang juga bisa berpengaruh adalah ketika kamu makan makanan yang tidak mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena pada umumnya kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh akan berbeda tergantug kelompok usia.

2. Kekurangan Vitamin D
Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa suplemen vitamin D mungkin membuat seseorang cenderung berisiko rendah terkena saluran pernapasan akut. Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

3. Dehidrasi
Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh kita bergantung pada cairan dalam tubuh. Cairan tubuh bisa membantu membawa nutrisi dan mineral, serta berfungsi menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan kita tetap lembab. Sedangkan mulut, hidung, dan tenggorokan yang kering jadi mudah untuk terserang penyakit. Nah, untuk bulan puasa tetap harus memenuhi kebutuhan 8 gelas per hari ketika malam hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4. Kurang Istirahat
Sistem kekebalan tubuh akan melepaskan hormon sitokin saat tidur. Hormon sitokin merupakan bagian dari protein alami yang berfungsi melawan peradangan dan penyakit dalam tubuh. Nah, jika kurang tidur hal tersebut tentunya tidak akan memaksimalkan kerja hormon sitokin ini.

5. Tangan tidak bersih
Menjaga kebersihan tangan itu wajib hukumnya, karena tangan yang kotor dan tidak bersih akan memicu banyak penyakit. Umumnya, tangan akan bersentuhan dengan banyak kuman sepanjang hari. Bila kamu tidak mencuci tangan secara teratur, lalu dengan tidak sadar menyentuhs wajah, bibir, atau makanan kamu bisa menyebarkan penyakit dan kamu juga akhirnya akan menginfeksi diri kamu sendiri.

Tetap jaga pola hidup sehat selama Bulan Ramadhan dengan melakukan olahraga intensitas rendah serta makan makanan bergizi saat berbuka 🙂

Leave a reply