Intensitas Olahraga Mingguan yang Tepat

Bagi orang kantoran, olahraga di hari kerja akan sangat memberatkan, apalagi di kota besar yang menjadi langganan kemacetan, mereka lebih memilih berangkat lebih pagi dan pulang lebih malam dan segera beristirahat. Alhasil mereka memilih untuk berolahraga di hari sabtu dan minggu.

Merapel olahraga hanya pada akhir pekan atau libur tidak terlalu membawa manfaat yang signifikan. Tubuh memerlukan olahraga secara teratur setiap hari, bukan hanya sabtu dan minggu.

Para peneliti menganalisa sampel dari 2.324 orang dewasa Kanada yang aktif berolahraga. Para responden ini berpartisipasi dalam Canadian Health Measures Survey. Mereka rata-rata berolahraga minimal 150 menit perminggu, baik olahraga intensitas sedang sampai berat. Sebagian orang membagi total waktu itu dalam lima sampai tujuh kali sesi olahraga, sementara ada juga yang melakukan olahraga satu kali sampai empat kali dalam seminggu.

Kedua kelompok responden itu memiliki risiko sindrom metabolik, obesitas, tekanan darah tinggi, Kolesterol tinggi, dan juga kadar gula darah tinggi. Tetapi ternyata orang yang berolahraga dengan total waktu 150 menit perminggu adalah yang paling sehat.

Jika Anda orang kantoran, olahraga bisa dilakukan pagi hari sebelum berangkat ke kantor, atau bila tidak sempat sepulang kantor di sore atau malam hari. Bisa juga dengan melakukan aktivitas fisik sembari berangkat kantor, misalnya berjalan kaki sebelum naik kendaraan umum, sengaja memarkir kendaraan pribadi agak jauh agar ada waktu untuk berjalan kaki, atau lebih memilih menggunakan tangga ketimbang lift. (berbagai sumber diolah)

Share to:
Leave a reply