Ini Dia Macam Macam Fisioterapi untuk Nyeri Punggung Bawah

Ini Dia Macam Macam Fisioterapi untuk Nyeri Punggung Bawah – Jika tidak segera ditangani, low back pain atau dalam Bahasa Indonesia disebut nyeri punggung bawah dapat mengganggu kita dalam beraktivitas karena rasa nyeri yang kerap muncul. Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan fisioterapi. Lalu, macam macam fisioterapi yang seperti apakah yang bisa membantu nyeri punggung bawah ini?

Seperti yang diungkapkan oleh seorang fisioterapis, beberapa macam fisioterapi bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung bawah antara lain adalah ultrasound, heat therapy, traction lumbal, exercise therapy dan Tens. Simak penjabarannya berikut ini.

Ultrasound

Salah satu jenis fisioterapi ini memanfaatkan gelombang suara tingkat tinggi dengan frekuensi 1 sampai 3 Mhz. Biasanya penggunaan jenis fisioterapi ini dilakukan pada daerah pinggang. Tujuan dilakukan prosedur ini tentu untuk mengurangi rasa nyeri serta membuat proses penyembuhan kolagen menjadi lebih baik.

Heat Therapy

Selanjutnya, ada juga heat therapy. Heat therapy sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dalam macam macam fisioterapi ini yaitu infrared, microwave diathermy dan short wave diathermy (SWD). Untuk heat therapy dengan infrared akan memanfaatkan gelombang elektromagnetik dengan besaran frekuensi 770 nm hingga 106 nm. Target dari terapi ini hingga ke jaringan kulit luar.

Heat therapy dengan menggunakan infrared ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah serta mengurangi spasme. Selain itu ada juga heat therapy dengan SWD yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 27,12 mhz. Tujuannya untuk memperlancar aliran darah, mengurangi kekejangan otot dan membuat jaringan lunak lebih lentur.

Traksi Lumbal

Kemudian, ada juga traksi lumbal. Untuk yang satu ini disebut sebagai alat fisioterapi yang menggunakan tenaga mekanik. Tujuan terapi dengan traksi lumbal ini adalah untuk melonggarkan atau memisahkan jaringan lunak dan sendi.

Exercise Therapy

Sementara itu exercise therapy merupakan jenis fisioterapi yang menggunakan gerak tubuh baik aktif ataupun pasif. Tujuan dari terapi ini adalah untuk memperbaiki dan memelihara kemampuan mobilitas, koordinasi fleksibilas dan juga fungsional tubuh.

Demikianlah macam macam fisioterapi yang perlu Anda ketahui. Sekarang, jika Anda mengalami nyeri punggung bawah, Anda bisa mempertimbangkan jenis-jenis fisioterapi di atas atau hubungi Medika Plaza ya.

Share to:
Leave a reply