Gangguan Kesehatan Ini Bisa Ampuh Disembuhkan dengan Fisioterapi Lho!

Gangguan Kesehatan Ini Bisa Ampuh Disembuhkan dengan Fisioterapi Lho! – Ingin tahu gangguan kesehatan apa saja yang bisa sembuh dengan fisioterapi? Artinya kamu sudah berada di tempat yang tepat karena tanpa basa-basi lagi kita akan membahas berbagai macam kondisi kesehatan yang bisa disembuhkan dengan terapi fisik yang satu ini.

Apa itu fisioterapi?

Tapi sebelumnya, apa itu fisioterapi? Fisioterapi sendiri merupakan rehabilitasi dan pengobatan fisik menggunakan gerak dan gaya mekanis yang dilakukan untuk memperbaiki gangguan, meningkatkan fungsi, kualitas dan mobilitas seorang pasien yang mengalami cacat atau cedera.

Apa saja yang bisa disembuhkan dengan fisioterapi?

Fisioterapi ini bisa membantu semua kelompok usia mulai dari yang muda sampai dengan lansia untuk berbagai kondisi kesehatan sebagai berikut:

• Cedera sendi

Cedera sendi menjadi salah satu masalah yang paling umum bagi para pasien fisioterapi. Untuk meredakan nyeri karena cedera sendi, pijatan serta terapi panas dan dingin biasanya dapat membantu. Pasien dengan cedera sendi pada tulang belakang dapat memanfaatkan fisioterapi untuk meningkatkan kekuatan mereka melindungi intervertebral disc.

• Arthritis

Gangguan kesehatan apa lagi yang bisa sembuh dengan fisioterapi? Ya, arthritis adalah kondisi kesehatan lainnya yang bisa disembuhkan dengan terapi fisik ini. Pengobatan untuk masalah ini biasanya berupa pijatan serta penggunaan modalitas seperti contohnya panas dan ultrasound. Hidroterapi juga disebut-sebut bisa membantu proses penyembuhannya.

• Gangguan pada punggung

Untuk gangguan punggung, pengobatan fisioterapi yang dilakukan biasanya mencakup terapi titik pemicu, akupuntur dan pijatan. Selain itu, bisa juga dilakukan corrective sports tape yang berguna untuk memperbaiki postur.

• Inkontinensia

Kondisi ini adalah ketika seseorang tidak bisa menahan buang air. Ternyata fisioterapi juga bisa membantu pasien dengan masalah seperti ini. Biasanya pengobatannya mencakup latihan dasar panggul hingga tips perubahan gaya hidup termasuk pola makan dan minum.

Itulah beberapa kondisi kesehatan yang bisa dibantu penyembuhannya dengan menggunakan fisioterapi. Selain itu, gangguan kesehatan lain yang bisa sembuh dengan fisioterapi antara lain seperti gangguan muskuloskeletal, osteoporosis, sakit kepala dan leher serta sindrom carpal tunnel.

Share to:
Leave a reply