Cara Pintas Mengurangi Kerutan di Wajah

Cara Pintas Mengurangi Kerutan di Wajah – Kerutan dan garis halus munculnya seringkali disebabkan oleh faktor u alias bertambahnay usia. Namun, kerutan juga dapat disebabkan oleh beberapa hal juga seperti penurunan elastisitas kulit, paparan sinar matahari, dan faktor keturunan. Sebenarnya ada cara pintas untuk mengurangi kerutan di wajah sangat sederhana yaitu dengan mengubah pola makan kamu dan mengubah gaya hidup kamu juga.

Cara Pintas Mengurangi Kerutan di Wajah

Menghindari paparan sinar matahari
FYI, matahari merupakan pemicu tertinggi terjadinya kerutan. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa seseorang yang mendapatkan sedikit paparan sinar matahari akan memiliki kerutan lebih sedikit dan terlihat lebih muda. Gunakanlah tabir surya saat kamu sedang berada di bawah paparan sinar matahari. Penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah kerutan dan kanker kulit.

Berhenti Merokok
Dalam banyak penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang merokok akan mengalami penurunan enzim yang memproduksi kolagen dan elastin. Pada penelitian yang lain menyatakan bahwa seseorang yang merokok memiliki kulit lebih kerutan dari pada yang tidak merokok.

Punya Waktu Tidur Cukup
Saat tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memecah sel kulit. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan manusia sehingga membantu kulit lebih elastis dan cenderung tidak berkerut.

Konsumsi makanan sehat
Penelitian menemukan bahwa asupan vitamin c dan asam linolenat dapat mengurangi terjadinya kulit kering. Vitamin C berperan penting untuk menurunkan resiko kerutan. Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat dapat meningkatkan terjadinya kerutan.

Gunakan kosmetik yang Dapat Mengurangi Kerutan
Kosmetik dapat membantu mengatasi kerutan dan menyamarkan garis halus. Berikut beberapa produk kecantikan yang dapat membantu:

  • Retinol. Bentuk yang lebih ringan dari tretinoin. Tretinoin dapat membantu mengatasi jerawat dan kerutan. Retinol dapat membantu meningkatkan regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Retinol tidak dapat digunakan dibawah sinar matahari sehingga sebaiknya digunakan pada malam hari.
  • Asam glikola. Asam alfa hidroksi yang digunakan untuk mengelupaskan kulit untuk menumbuhkan kulit yang lebih muda. Asam glikolat dapat meningkatkan sensitivitas terhadap paparan matahari, sehingga perlu memakai tabir surya setelah penggunaan asam glikolat.
  • Vitamin C. Digunakan secara topikal atau dioleskan pada kulit dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi terhadap kerusakan sinar UV A dan UV B, memperbaiki masalah pigmentasi, dan memperbaiki kondisi kulit yang sedang bengkak. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahawa bentuk asam L-askorbat merupakan paling bagus untuk menghilangkan kerutan.
  • Idebenone. Antioksidan yang kuat, dimana dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa penggunaan selama enam minggu dapat memberikan penurunan tingkat kekasaran, kekeringan kulit dan peningkatan kelembapan. Selain itu juga ditemukan penurunan garis dan kerutan dan perbaikan secara keseluruhan pada kulit yang rusak akibat sinar matahari.
Share to:
Leave a reply