BAHAYA SOSIAL MEDIA BAGI KESEHATAN

Perkembangan teknologi di era globalisasi memiliki peranan penting dalam perubahan gaya hidup masyarakat hampir di seluruh belahan dunia salah satu yang sangat berpengaruh yaitu Media Sosial.

Banyak orang mampu duduk seharian, tidur seharian, mengurung diri di dalam rumah menghadap layar gadget menelusuri akun media sosial yang dimilikinya. Kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang baik, efek yang ditimbulkan dapat menyebabkan gangguan jiwa yang disebut dengan depresi. Pecandu media sosial tidak pernah puas dan selalu membandingkan diri dengan orang lain yang sering membuat orang-orang menjadi rendah diri, tidak optimis bahkan minder.

Banyak pecandu Media Sosial memiliki ribuan jaringan seolah-olah merupakan orang yang sangat sosial, namun dalam dunia nyata kesepian (anti sosial) . Sebuah riset dari ahli antropologi dan psikologi asal Inggris, R. I. M. Dunbar, menunjukan bahwa kemampuan otak manusia terbatas dalam menangani banyaknya teman, dan hanya dengan interaksi sosial (bukan virtual) seorang manusia bisa menjaga pertemanan. Jadi jika seseorang merasa ‘gaul’ ketika memiliki banyak teman di media sosial, bukan berarti ia seorang yang ‘gaul’ di kehidupan nyata.

Dengan mudahnya informasi tersebar di media sosial juga berdampak pada maraknya informasi hoax, mudahnya mendapatkan cyber bullying, komentar-komentar negatif yang bisa membat seseorang stress dan merasa rendah diri.

Namun dari sekian banyak dampak negatif media sosial, bukan berarti media sosial tidak memiliki manfaat. Dengan adanya media sosial membuat kita lebih mudah untuk bertemu dengan teman-lama, menjaga komunikasi dan bahkan bisnis. Mari Gunakan media sosial dengan bijak! Rutin berolahraga dan selalu bersyukur agar jasmani dan rohani kita tetap sehat.

Ayo periksakan kesehatanmu di Medika Plaza!

Untuk informasi lebih lanjut :
by email ke info@medikaplaza.com ataupun by WA ke 0852 80 000 918

 

Leave a reply