Apakah Fisioterapi Berbahaya? Cari Tahu Jawabannya Berikut Ini

Apakah Fisioterapi Berbahaya? Cari Tahu Jawabannya Berikut Ini Fisioterapi disebut-sebut sebagai salah satu perawatan kesehatan yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan fungsi bagian tubuh tertentu seperti semula. Namun, apakah fisioterapi berbahaya? Hal ini mungkin yang sedang menjadi perbedatan dalam diri Anda. Untuk mengetahui jawabannya, lebih lanjut kita simak berikut ini.

Apa Itu Fisioterapi dan Siapa yang Membutuhkannya?

Sebelumnya, mari kita ketahui lebih lanjut mengenai fisioterapi terlebih dahulu. Fisioterapi atau dikenal juga terapi fisik merupakan prosedur pemeriksaan, penanganan dan pengevaluasian pasien dengan keterbatan fungsi dan gerak tubuh. Prosedur ini dilakukan untuk mencegah cacat fisik dan mengurangi risiko gangguan serta cedera pergerakan di kemudian hari.

Seorang dokter biasanya akan mempertimbangkan fisioterapi untuk pasiennya yang mengalami nyeri atau terbatasnya gerak tubuh. Pasien dengan kondisi berikut ini biasanya akan dianjurkan untuk melakukan fisioterapi:
• Gangguan tulang belakang
• Pasca amputasi
• Arthritis
• Carpal tunnel syndrome
• Cedera saat berolahraga
• Pasca patah tulang
• Gangguan jantung dan sirkulasi darah
• Gangguan fungsi sistem saraf dan otak
• Gangguan sistem pernapasan

Apakah Fisioterapi Itu Berbahaya?

Lalu, apakah fisioterapi berbahaya? Secara umum fisioterapi tidak akan menimbulkan risiko yang berbahaya. Akan tetapi, fisioterapi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman maupun nyeri pada bagian tubuh tertentu yang ditangani. Meskipun demikian, hal tersebut merupakan hal yang normal dalam prosedur terapi fisik ini.
Selain itu, pasien juga dapat merasa cemas saat melakukan program fisioterapi ini dan bisa jadi putus asa jika hasil yang dilakukan tak sesui dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengerti betul apa yang dilakukan dalam program dan batasan hasil yang dicapai sebelum melakukan program fisioterapi ini.
Terakhir, penting juga dipahami soal respons setiap pasien yang berbeda terhadap terapi fisik ini. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh pola pergerakan, bentuk badan serta pola perilaku setiap pasien. Karena itu, pasien juga disarankan untuk memberi tahu dokter obat-obatan, suplemen serta produk herbal apa yang sedang atau pernah dikonsumsi untuk menilai apakah fisioterapi berbahaya atau justru cocok untuk pasien tersebut.

Hubungi Medika Plaza bila Anda memerlukan fisioterapi ya.

Share to:
Leave a reply