Apa Itu Fisioterapi? Temukan Jawabannya Disini!

Apa Itu Fisioterapi? Temukan Jawabannya Disini! – Apa itu fisioterapi? Mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tetapi, bisa jadi Anda masih bingung dengan apa dan bagaimana fisioterapi tersebut. Meskipun prosedur medis ini cenderung diidentikan dengan lansia, ternyata fisioterapi ini dapat bermanfaat bagi semua orang dari berbagai jenis usia.

Apa yang Dimaksud dengan Fisioterapi?

Lalu, apa yang dimaksud dengan fisioterapi itu sendiri? Fisioterapi yaitu sebuah proses rehabilitasi pasien supaya terhindar dari risiko cacat fisik dengan langkah-langkah pencegahan, diagnosis dan penanganan. Fisioterapi ini dapat dilakukan pada pasien dengan semua rentang usia, contohnya untuk pengobatan sakit punggung hingga persiapan persalinan.

Apa Tujuan Melakukan Fisioterapi?

Kemudian, apa tujuan seseorang melakukan prosedur terapi fisik ini? Tujuan dilakukannya fisioterapi ini adalah untuk mengembalikan fungsi tubuh seperti sediakala setelah terkena suatu cedera atau penyakit. Jika tubuh kita menderita cedera atau penyakit permanen, maka fisioterapi ini bisa diprioritaskan untuk meminimalisir dampaknya.

Kondisi Apa Saja yang Membutuhkan Fisioterapi?

Setelah mengetahui apa itu fisioterapi dan tujuannya, tentu Anda perlu tahu juga kondisi seperti apa yang bisa ditangani dengan fisioterapi ini. Berikut beberapa diantaranya:

• Gangguan sistem saraf

Beberapa kondisi yang berhubungan dengan sistem saraf seperti multiple sclerosis, penyakit Parkinson dan stroke bisa mengganggu fungsi tubuh seperti susak bergerak, susah bicara dan turunnya kinerja tangan. Gangguan sistem saraf tersebut membutuhkan fisioterapi agar risiko cacat total bisa dikurangi.

• Gangguan otot kerangka tubuh

Kondisi yang disebabkan oleh gangguan pada otot kerangka tubuh misalnya nyeri otot, nyeri punggung, arthritis dan cedera karena olahraga juga memerlukan fisioterapi. Dalam hal ini fisioterapi bisa dilakukan saat proses pemulihan pasca operasi pada otot dan tulang yang terkena gangguan tersebut.

• Penyakit Kardiovaskular

Gangguan pada pembuluh darah dan jantung seperti rehabilitasi pasca serangan jantung dan penyakit jantung kronis bisa dibantu dengan fisioterapi. Dengan melakukan terapi ini, kondisi pasien menjadi lebih berkualitas berkat dukungan emosi dan fisik.

Demikianlah informasi mengenai apa itu fisioterapi dan hal lain seputarnya. Semoga Anda tidak lagi bingung dengan fisioterapi. Kalau Anda memiliku pertanyaan seputar fisioterapi, silakan hubungi Medika Plaza ya.

Share to:
Leave a reply