2 Langkah Mudah untuk Menurunkan Berat Badan

2 Langkah Mudah untuk Menurunkan Berat Badan – Orang kebanyakan yang mengalami kelebihan berat badan ingin menurunkan berat badan, ingin memiliki tubuh ideal, tapi mereka tidak mau mengubah pola hidup terutama perilaku makan mereka sehari-hari.

Mengubah kebiasaan makan adalah tantangan yang paling besar untuk sebagian orang. Apalagi kalau perilaku makan tersebut telah kita lakukan selama bertahun-tahun. Gak heran banyak yang gagal di tengah jalan saat mereka mencoba mengubah kebiasaan pola makannya.

Kamu mungkin pernah mencoba menjalani pola makan lebih sehat lalu gagal. Nah, Berikut adalah langkah yang akan mempermudah kamu sewaktu menurunkan berat badan.

Langkah Pertama Sangat Menentukan

Mereka yang gagal mengubah prilaku makan menjadi lebih sehat adalah yang memulai diet dengan langkah yang salah. Utamanya, terdapat dua faktor penting yang harus kamu perhatikan untuk memaksimalkan program diet kamu;

  1. Mengubah jenis makanan yang dikonsumsi
  2. Mengurangi porsi yang dikonsumsi

Kamu gak perlu mengubah kedua ide di atas secara spontan. Mengubah perilaku makan bukanlah urusan mudah. Tubuh kamu perlu waktu untuk menyesuaikan kebiasaan lama dengan pola hidup baru yang lebih sehat.

Terobsesi memiliki badan sehat dengan cepat, hingga kebiasaan makan pun diubah secara mendadak. Nah, di sinilah kebanyakan orang melakukan kesalahan. Menurunkan berat badan sangat memerlukan konsistensi jangka panjang dan juga pembiasaan.

Salah satu pola makan yang dianjurkan saat diet adalah mengurangi konsumsi nasi putih, dan memperbanyak sayur-sayuran serta buah-buahan. Bagi yang tidak terbiasa melakukan pola makan seperti ini, tentu yang ada hanya perasaan tersiksa. Kalau sudah jenuh, tersiksa, hasil pun tak dapat, yakinlah pola seperti ini tidak akan bertahan lama dan akan berhenti di tengah jalan.

Makanya tidak dianjurkan melakukan perubahan yang mendadak. Jika tidak sanggup makan tanpa nasi, maka cukup kurangi dulu porsinya. Jika mengurangi porsi pun, tidak mampu, cukup ganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih tinggi serat, kaya gizi dan rendah kalori.

Lakukan perubahan kecil yang dapat kamu lakukan dalam jangka waktu lama. Hal ini lebih baik daripada mengubah prilaku makan secara mendadak.

Ini beberapa tips untuk membantu kamu dalam mengubah pola makan jadi lebih sehat;

  • Menggunakan piring yang lebih kecil
  • Membagi porsi makan menjadi tiga bagian kecil
  • Mengkonsumsi cemilan yang tinggi protein dan rendah kalori setiap 2 jam agar saat makan utama kamu tidak makan secara berlebihan
  • Rajin konsumsi air putih. Sebagian orang yang berbadan gemuk menyalahartikan sinyal haus tubuh sebagai rasa lapar
  • Jangan makan sambil menonton atau ngobrol karena kamu tidak akan sadar sudah berapa banyak jumlah makanan yang Anda konsumsi saat itu, agar perut kamu cepat kenyang, kunyah makanan lebih lama dan perlahan
  • Hindari stres agar kamu tidak mengalami emotional eating

Langkah Kedua untuk Menurunkan Berat Badan

Setelah berhasil mengubah kebiasaan pola makan, saatnya kamu meningkatkan aktivitas fisik.

Jika sebelumnya kamu adalah seorang yang pasif, hanya duduk, menonton tv, makan, lalu tidur lagi. Sekarang saatnya kamu membiasakan diri untuk lebih aktif. Tubuh yang aktif cenderung memiliki metabolisme yang aktif pula. Semakin aktif metabolisme tubuhmu, maka semakin giat pula tubuh dalam membakar lemak yang menumpuk.

Diet itu tidak perlu olahraga yang berat. Cukup biasakan diri bangun lebih awal dan lakukan jogging selama 30 menit di sekitar rumah. Jika malas ke luar rumah, Anda bisa melakukan gerakan sederhana lain yang juga mampu membakar kalori seperti lompat tali dan jumping jack. Perbanyak jalan kaki atau naik tangga saat di kantor. Perubahan-perubahan kecil seperti inilah yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Silakan dicoba 2Langkah Mudah untuk Menurunkan Berat Badan ya, Semoga Berhasil!

 

Leave a reply